Rancang Bangun Aplikasi Layanan Jasa di Bidang AC Berbasis Web CV. Citra Sejuk

Main Article Content

Jhordy Noverdian Manurung Diah Aryani Eka Purnama Harahap

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan isu krusial bagi pelaku bisnis dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Sebagai hasilnya, inovasi akan terus berlanjut melalui pemanfaatan perkembangan  teknologi dan sistem informasi yang pesat saat ini. CV. Citra sejuk merupakan perusahaan bisnis jasa dibidang jasa pelayanan terkait pendingin ruangan atau biasa dikenal dengan AC.  Pada CV. Citra Sejuk sekarang ini pelayanan jasa terkait AC masih dilakukan secara manual yaitu dengan pelanggan datang ke bengkel AC (workshop) meminta dilakukannya pelayanan atau memesannya dengan menelfon menggunakan telfon genggam. Oleh karena itu inovasi diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan dengan mengimplementasi sistem pemesanan jasa berbasis web. Maka dari itu akan dibuatnya sistem pemesanan berbasis web yang hasilnya merupakan website pemesanan jasa terkait layanan AC termasuk preventif, instalasi dan jasa perbaikan. Aplikasi berbasis web nanti akan berguna memudahkan admin dalam pengelolaan data pelanggan yang baik dan akurat. Sistem akan dibangun menggunakan framework CodeIgniter dan database MySQL. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode waterfall. Hasil yang diharapkan dari dibangunnya aplikasi berbasis web ini yaitu berguna mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan dan menerima pelayanan terkait AC dan bagi admin sebagai penginputan dan pengelolaan data yang baik.

Article Details

How to Cite
Manurung, J., Aryani, D., & Harahap, E. (2025). Rancang Bangun Aplikasi Layanan Jasa di Bidang AC Berbasis Web CV. Citra Sejuk. ICIT Journal, 11(2), 119-130. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v11i2.3427
Section
Articles

References

[1] H. K. Tanjungsari, “Perkembangan Dunia Usaha di Era Digital,” Pustaka.Ut.Ac.Id, pp. 1–43, 2020, [Online]. Available: https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/MKWI4203-M1.pdf
[2] J. S. Pasaribu, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PENGELOLAAN INVENTARIS ASET KANTOR DI PT. MPM FINANCE BANDUNG,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 7, no. 3, pp. 229–241, Aug. 2021, doi: 10.33197/JITTER.VOL7.ISS3.2021.655.
[3] B. Dinamika, D. Jasa, P. Pentingnya, R. Jasa, and M. E. Lupiyoadi, “Modul 1”.
[4] J. Wibowati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang,” J. Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 15–31, 2021, doi: 10.36546/jm.v8i2.348.
[5] S. Rahayu, Z. Hakim, and N. Septiana, “Sistem Informasi Administrasi Penjualan dan Jasa Air Conditioner (AC),” J. Sisfotek Glob., vol. 9, no. 2, 2019, doi: 10.38101/sisfotek.v9i2.252.
[6] M. Arsi, Q. J. Adrian, and D. A. Megawaty, “Sistem Informasi Pencarian Jasa Tukang Berbasis Android ( Studi Kasus : Bandar Lampung ),” vol. 4, no. 1, pp. 67–74, 2023.
[7] J. Ameriza and D. Kurniadi, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Servis AC Berbasis Web (Studi kasus : CV Mitra LG Bukittinggi),” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 9, no. 2, p. 9, 2021, doi: 10.24036/voteteknika.v9i2.111430.
[8] S. D. Riskiono, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA TOUR DAN TRAVEL BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMART TOUR),” no. 2, 2019.
[9] E. P. Sari and E. Pudjiarti, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Jasa Percetakan Berbasis Website Studi Kasus : CV. Prima Framedia,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 2, no. 4, pp. 229–236, 2021, doi: 10.35746/jtim.v2i4.112.
[10] M. Badrul, “Penerapan Metode waterfall untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 8, no. 2, pp. 57–52, 2021, doi: 10.30656/prosisko.v8i2.3852.