PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI PARIWISATA KOTA TANGERANG DALAM BENTUK VIDEO DIGITAL PADA DINAS PORPAREKRAF
Main Article Content
Abstract
Perkembangan komunikasi, informasi dan promosi saat ini sangat berperan penting untuk masyarakat luas. Hal ini dibuktikan banyaknya suatu instansi atau perusahaan yang menyajikan komunikasi, informasi dan promosi, baik televisi, radio, internet maupun telepon. Saat ini Dinas Porparekraf, memberikan informasi dan promosi berupa video pariwisata melalui beberapa media yaitu berupa media sosial, maupun website yang dirasa masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan promosi pariwisata yang dirasa kurang up to date. Dinas Porparekraf harus memiliki sarana media informasi dan promosi yang dapat menunjang kemajuan pariwisata kota tangerang. Karena Kota Tangerang mempunyai banyak potensi pariwisata yang cukup menarik untuk dikunjungin masyarakat, jika potensi tersebut dapat dikelola dengan baik dan benar. Disamping itu, pola promosi yang up to date dan menarik takluput menjadi masalah untuk kekurangan pada Video promosi sebelumnya. Adapun metodelogi yang digunakan untuk melakukan penelitian ini, antara lain metode analisa permasalahan, pengumpulan data, analisa perancangan dan konsep produksi MAVIB (KPM) yaitu : Pre Production, Production dan Post Production. Demikian pada penelitian jurnal ini bertujuan untuk membuat media informasi yang berupa video pariwisata yaitu Pengembangan Media Promosi Pariwisata Kota Tangerang Dalam Bentuk Video Digital Pada Dinas Porparekraf, sehingga melalui pengembangan media tersebut sangat diharapkan dapat memberikan bentuk informasi pariwisata yang lebih menarik, up to date dan mudah diterima oleh masyarakat Kota Tangerang dan juga wisatawan.
Kata kunci : Pariwisata, Promosi, Video Digital.
Article Details
References
[2] Cristianti, Siti Sofri Ayu. 2015. Perancangan Video Promosi Rockradiolive.Co. Jakarta.
[3] Desrianti, Dewi Immaniar. Untung Rahardja. Reni Mulyani. 2012. Audio Visual As One Of The Teaching Resources On Ilearning. Journal CCIT Vol. 5 No. 2. Tangerang : Raharja
[4] Destrianti, Dewi Immaniar, Sudaryono, Dwi Ayu Ningrum. 2014. Enriching Media Merchandise Sarana Penunjang Promosi Studi Kasus Pada Bookstore. Journal CCIT Vol. 7 No.3 - Mei 2014. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja
[5] Hasibuan, Malayu, 2012. Manajemen Sumberdaya Manusia. Edisi Revisi. Cetakan Kelima. Jakarta : Bumi Aksara.
[6] Lukiati, Komala. 2010. Panduan Mudah Merancang Bangunan. Jakarta : Niaga Swadaya.
[7] Maimunah, Lusyani Sunarya, Nina Larasati. 2012. Media Company Profile Sebagai Sarana Penunjang Informasi Dan Promosi. Journal CCIT Vol. 5 No. 3. Tangerang : Raharja.
[8] Marwansyah, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta Meldona, 2009. Malang : Uinmalang Press.
[9] Nasiti, Tyas Ajeng. 2013. Perancangan Video Promosi Surabaya Berupa Tvc Sebagai Media Promosi Kota Surabaya Dengan Mengangkat Pencitraan Sparkling Surabaya. Surabaya.
[10] Parmania, Dwi Fitri. 2014. Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Penunjang Informasi Dan Promosi Pada Pt. Telkom Akses Jakarta. Jakarta.
[11] Permana, Yasa Sidik. 2012. Perancangan Dan Pembuatan Video Promosi Wisata Alam Dan Edukasi Lingkungan Dolandeso Boro Daerah Banjar Asri Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta : Kabupaten Kulon Progo.
[12] Santoso, Ahmad. 2015. Perancangan Video Promosi Infografis Destinasi Wisata Kota Surakarta. Surakarta.
[13] Septian, Vikri. 2014. Perancangan Video Company Profile Pada Rsia Murni Asih Sebagai Media. Tangerang.
[14] Setyowati. 2012. Perancangan Video Sebagai Sarana Promosi Daya Tarik Wisata Kabupaten Pasuruan. Pasuruan.