RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBERDAYAAN ZIS BERBASIS WEB

Main Article Content

Dedeh Supriyanti Refrison Rambebuoch Linda Veronika

Abstract

Ditengah gencarnya pemanfaatan teknologi informasi dan semakin pesatnya perkembangan yang dilalui saat ini mendorong berbagai perusahaan atau organisasi untuk lebih optimal lagi dalam kinerjanya. Masalah yang dihadapi oleh suatu perusahaan atau organisasi yang baik pemerintahan ataupun swasta adalah bagaimana menciptakan suatu sistem yang dapat menyajikan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan akurat maka dibuatlah sistem informasi yang terkomputerisasi. Dengan adanya sistem yang terkomputerisasi, diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan atau organisasi. Demikian halnya pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI dituntut kecepatan dan ketelitian dalam hal pemrosesan data, salah satu dari data tersebut adalah data pemberdayaan zis, dimana dapat menghasilkan data dengan cepat, tepat dan akurat. Dengan sistem komputerisasi, jika dilihat dari kinerjanya terkait dengan efisiensi waktu, kecepatan proses serta keefektifan kerja, maka akan memberikan hasil yang lebih memuaskan dibandingkan dengan penyelesaian secara manual. Sistem informasi pemberdayaan ZIS ini adalah suatu program aplikasi yang digunakan untuk pengolahan data pemberdayaan ZIS pada Kementerian Agama Provinsi DKI. Sistem informasi permberdayaan ZIS ini memudahkan pengguna untuk melakukan penginputan data penerima bantuan ZIS mulai dari SD, SMP, Guru Ngaji sampai dengan Marbot Masjid. Data yang sudah diinput tersebut akan bisa digunakan kembali jika dibutuhkan, selain itu proses pencarian data untuk penerima bantuan ZIS dengan menggunakan program ini sangat mudah karena semua data telah terinput dalam suatu database. Sistem ini juga memperlancar dalam pelayanan administrasi penerima bantuan ZIS.


 Kata kunci : Sistem, Informasi, ZIS, komputerisasi.

Article Details

How to Cite
Supriyanti, D., Rambebuoch, R., & Veronika, L. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBERDAYAAN ZIS BERBASIS WEB. ICIT Journal, 3(1), 1-13. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v3i1.39
Section
Articles

References

[1]. Ali, Nur dan Muhaemin. 2010. “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Zakat Studi Kasus:Lembaga Sosial Al-Hikmah Jakarta”. Jurnal Informatika & Komputas., Jakarta, STMIK Indonesia, Vol. 4, No. 2. 2010.
[2]. Anhar. 2010.” Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak”. Jakarta:Mediakita.
[3]. Edwar. 2016. “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Zakat”. Jurnal Sistem dan Informatika. Bali, STMIK STIKOM Bali, Vol. 10, No. 2. 2016.
[4]. Ginting, Elizaandayani. 2013.”Aplikasi Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Menggunakan Joomla Pada Mutiara Fashion. Bandung: Universitas Widyatama..
[5]. Gufroni, Acep Irham. 2014. “Sistem Informasi Upz (Unit Penumpul Zakat) Terintegrasi Berbasis Web”. JNTETI. Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Vol. 3, No. 4. 2014.
[6]. Hikmat, Kura. 2012. “Panduan Pintar Zakat”. Jakarta: Qultum Media.
[7]. Nasrullah, Achmad Hamzah dan Sudarajat, Dadang. 2015. “istem Pakar Panduan Zakat Berbasis Android Menggunakan Metode Depth First Search (Study Kasus : LAZISWA At-taqwa Kota Cirebon)”. JOISTIK. Cirebon, STMIK IKMI, Vol. 13, No.1. 2015.
[8]. Nugroho.Adi. 2010. “Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDP”. Yogyakarta: Andi.
[9]. Simarmare, Yosua P.W, Apol Pribadi S dan Radityo Prasentiato Wibowo. 2013. “Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah Berbasis Online Pada Jurnal SISFO”. JURNAL TEKNIK POMITS, Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Vol. 2, No. 3, 2013.
[10]. Tika Paramitha dkk. 2012. “Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Pada Lembaga Manajemen Zakat Infaq dan Shadaqah”. JSIKA, Surabaya, Stikom, Vol. 1, No. 1. 2012.
[11] Yuhefizar. 2008.“10 Jam Menguasai Internet: Teknologi dan Aplikasinya”. Jakarta: Elex Media Komputindo.
[12] Yuniar Supardi. 2010.”Web My Profile Dengan Joomla I.S.X”. Jakarta: Media Komputindo.