PENGEMBANGAN SISTEM E-PAYMENT UNTUK MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI KASUS: UNIVERSITAS BANTEN JAYA

Main Article Content

Suba’i Suba’i Irma Yunita Ruhiawati

Abstract

Data keuangan mahasiswa merupakan unsur penting pada suatu sistem manajemen pendidikan yang merupakan salah satu bagian administrasi. untuk memperoleh pendidikan tinggi, dibutuhkan biaya pendidikan untuk menunjang fasilitas pendidikan. Akan tetapi pembayaran biaya pendidikan yang dilakukan  secara manual akan membutuhkan banyak tenaga, waktu, pikiran serta keamanan data yang belum terjamin keamanannya. Dengan seiringnya waktu, teknologi berkembang semakin pesat dan saat ini hadir sistem pembayaran elektronik atau e-payment melayani dan mengolah transaksi setoran kuliah secara online serta menyediakan informasi dalam setiap transaksi dengan cepat dan akurat sehingga  banyak  digunakan  di berbagai bidang. Selain itu pembayaran transaksi dengan sistem online merupakan kerjasama yang saling menguntungkan dan dapat diterima dalam masyarakat karena dengan sistem ini dapat memperkecil resiko terjadinya tindak kejahatan, kehilangan data dan mempermudah proses setoran.Hal ini  tentu sangat membantu bagian keuangan di Universitas Banten Jaya. Sistem ini dirancang dengan metode pengembangan sistem menggunakan waterfall dengan unified modeling language (UML) sebagai media pemodelannya. Pemrograman berbasis web dipilih dansebagai bahasa pemrograman dalam pengembangan sistem ini dilengkapi dengan dashboard dan smart filtering untuk mempermudah pimpinandanbagiankeuangan dalam memperoleh dan memahami informasi. Hasilnya sistem e-payment dapat membantu manajemen di keuangan dalam memantau setiap kelemahan yang ada untuk terus diperbaiki agar menjadi lebih baik.


 


Kata kunci : sistem, informasi, pembayarn elektronik, dashboard.

Article Details

How to Cite
Suba’i, S., & Ruhiawati, I. (2019). PENGEMBANGAN SISTEM E-PAYMENT UNTUK MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI KASUS: UNIVERSITAS BANTEN JAYA. ICIT Journal, 3(2), 219-240. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v3i2.67
Section
Articles

References

[1] Adiyanti, Arsita Ika. 2015. Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan terhadap Minat menggunakan layanan E-money. Jurnal Ilmu Ekonomi Univeristas Brawijaya.
[2] Anshori, Mochammad Hafiz, 2014. “Pengembangan Sistem Pembayaran Elektronik Menggunakan Kode Qr Berbasis Android”. Jurnal POMITS. 2Edhy Sutanta, S.T. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Graha ilmu.
[3] Azhar Susanto. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.
[4] Azhar Susanto. 2004. “Sistem Informasi Manajemen. Konsep dan Pengembangannya”. Lingga Jaya, Bandung.
[5] Austin Briggs, Laurence Brooks, 2011, “Electronic Payment Systems Development In A Developing Country: The Role Of Institutional Arrangements” The Electronic Journal on Information Systems in Developing Countries ejisdc.org.vol 3. 2009.
[6] Babin, Barry J : Lee, Yong-Kie, Eun-Fu: dan Griffin, Mitch (2005). Journal of Service Marketing Vol. 19, Modeling Comsumer Satisfaction and Word of Mounth : Restaurant Patronage Korea, Journal of Service Marketing.
[7] Candrawati, Ni Nyoman Anita. 2013. “Perlindungan Hukum terhadap Pemegang Kartu E-money sebagai Alat Pebayaran dalam Transaksi Komersial”. Jurnal Ekonomi Universitas Udayana.
[8] Chan, Kah Sing.2004. Electronic Commerce and Supply Chain Management. 2nd edition. Thomas Learning Asia,Singapore.
[9] Erikson Damanik, 2012. “Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Online Menggunakan Payment Gateway”. JSM STMIK Mikroskil. 13.
[10] Ghifary, Muhammad. 2010. Rancangan Protokol Modifikasi Transaksi Belanja Online dengan Kartu Kredit Secara CNP (Card Not Present).
[11] Hanif Al Fatta. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi, untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Andi, Yogyakarta.
[12] Husaini Usman dan Purnomo, 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Penerbit PT Bumi Aksara : Jakarta.
[13] Jiawei, Han., Micheline, Kamber, 2006. Data Mining: Concepts and Techniques. Amsterdam: Morgan Kaufmann Publishers
[14] Jogiyanto, 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV, Andi Offset, Yogyakarta.Raymond McLeod, 2004. Sistem Informasi Manajemen, PT. Indeks. Jakarta.
[15] Imam Ghozali dan Murdik al Mansur, 2002, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Bisnis dan Akuntansi, vol.4, No.1,April.
[16] Karamjeet Kaur , Dr. Ashutosh Pathak. 2015. “E-Payment System on E-Commerce in India”. Journal of Engineering Research and Applications ijeera.com.5.
[17] Nur Hidayati. (2006). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Dividen Kas Di Bursa Efek Jakarta. Jogjakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
[18] O’Brien, James A.; Marakas, George M, 2008. Management Information Systems. 8th Edition. New York, McGraw Hill.
[19] Saiful Bahri, Asep. 2010. “Konsep Uang Elektronik dan Peluang Implemetasinya Pada Perbankan Syariah (Studi Kritis Terhadap Peraturan Bank Indonesia No. 11/12/PBI/2009 Tentang Uang Elektronik).” Laporan Hasil Penelitian Skripsi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
[20] Suparto Darudiato, Sigit Wisnu Santoso, Setiady Wiguna “Business Intelligence: Konsep Dan Metode”Jakarta.
[21] Tri Suci Gandawati. 2013. “Analisis Proses Adopsi Electronic Payment System Dengan Menggunakan Utaut Model”. Jurnal Universitas Narotama Surabaya.