IMPLEMENTASI ILEARNING TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA STUDI KASUS:UNIVERSITAS BANTEN JAYA

Main Article Content

Mochamad Yusuf Romdoni

Abstract

iLearning merupakan suatu inovasi media pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan media-media e-learning terpadu yang dapat saling terintegrasi dengan sistem Single Sign On (SSO) yaitu Rinfo, Rinfo Hangouts (RH), iMe serta berbagai aplikasi yang sudah berbasis clouds selain itu dikembangkan pula dashboard sistem yang memberikan informasi data statistik keaktifan mahasiswa sehinga sangat membantu dosen didalam membuat suatu keputusan. Pengembangan dashboard sistem iLearning Media menggunakan metode Waterfall sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, observasi dan interview atau wawancara sesuai topik yang akan diambil setelah itu dilakukan pengujian terhadap kepuasan responden atas kualitas iLearning dengan menggunakan quisioner dengan skala likert. Untuk merancang dashboard sistem pada iLearning Media (iMe) ini digunakan metode perancangan struktural yaitu dengan menggunakan flowchart dan UML (Unified Modeling Language) didalam mendokumentasikan perangkat lunak dari sistem iLearning. Deangan adanya iLearning mahasiswa dapat lebih aktif, kreatif dan memiliki timbal balik yang kuat antara dosen dan mahasiswa, sehingga diharapkan kedepannya akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan menjadi sumber daya manusia yang handal serta mampu bersaing di era globalisaisi yang bercirikan teknologi informasi yang tinggi.


Kata kunci: Sistem,  iLearning, Media

Article Details

How to Cite
Romdoni, M. (2017). IMPLEMENTASI ILEARNING TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA STUDI KASUS:UNIVERSITAS BANTEN JAYA. ICIT Journal, 3(2), 275-295. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v3i2.69
Section
Articles

References

[1] Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset
[2] Andri, Muhammad. 2008. Utilization of Information Technology in the Development of Learning Media. Teknik Elektro, Universitas Gajah Mada. Yogyakarta
[3] Ariani, D.W. 2004. Pengendalian Kualitas Statistik Pendekatan Kuantitatif dan Managemen Kualitas. Yogyakarta: ANDI.
[4] Besterfield, Dale, 2003, Total Quality Manajemen, Edisi tiga, Jakarta : Salemba Empat.
[5] Dwi Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
[6] Henderi, Muhamad Yusup, Yulika Ayu Rantama (2013), Penggunaan Metode iLearning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Tangerang, STMIK Raharja, CCIT.
[7] Imelda. (2013). Jurnal. Business Intelligence. Manajemen Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Komputer Indonesia. Bandung.
[8] Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdikbud, 1983), Cet, 2, hal.179.
[9] Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Control. Terjemahan. Edisi kedelapan, jilid I, Penerbit Prenhallindo, Jakarta.
[10] Mitchell, T. R. 2009. Research in Organizational Behavior. McGraw-Hill Irwin : New York.
[11] Nana Sudjana, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Press,1989), Cet. Ke-3, h.87.
[12] Panen, P. dkk. 2003. Belajar dan Pembelajaran 1. Jakarta : Universitas Terbuka.
[13] Poerwadarminta, W.J.S. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
[14] Purwanto, 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
[15] Rahardja Untung, (2011) “Definisi iLearning”. Raharja Enrichment Centre (REC). Tangerang
[16] Rahardja, Untung, Desrianti, Dewi, Immaniar, Mawadah, Siti, 2011. iBooks Standardisation and Good Practice for Effective Education Methods Insupport of iLearning. Tangerang, CCIT Journal Vol. 5 STMIK Raharja.
[17] Rosyadi, I. 2001. Keunggulan kompetitif berkelanjutan melalui capabilities-based competition: Memikirkan kembali tentang persaingan berbasis kemampuan. Jurnal BENEFIT, vol. 5, No. 1, Juni 2001. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[18] Santyasa, I. W. (2011). Pembelajaran inovatif. Bahan ajar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
[19] Sugandi, Achmad, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP PRESS.
[20] Sugandi, Achmad, dkk. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang:UPT MKK UNNES.
[21] Surya, M. (2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.
[22] Sutikno, M.S. 2007. Mengagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Mataram: NTP Press.
[23] Wahyuni, D. U. 2008. Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen TerhadapKeputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Kawasan Surabaya Barat. (http://www.petra.ac.id/puslit/journals).
[24] Yamin, M. 2007.Kiat Membelajarkan Siswa . Jakarta: Gaung Persada