Rancang Bangun Data Warehouse Dan Perangkat Analitik Sebagai Penunjang Strategi Promosi ( Studi Kasus Universitas Banten Jaya )

Main Article Content

Ma’sum Ma’sum

Abstract

Peningkatan jumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta telah menciptakan persaingan yang kompetitif antar perguruan tinggi. Upaya peningkatan jumlah pendaftar pada saat penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya. Perguruan tinggi memerlukan alat bantu analisis yang dapat meningkatkan strategi promosi dan promosinya terhadap calon mahasiswa Universitas Banten Jaya belum memiliki sistem informasi yang dapat menunjang kebutuhan tersebut, karena data histori yang ada pada transaksi pendaftaran mahasiswa baru tidak dapat langsung diolah menjadi informasi yang dapat menunjang strategi promosi. Perancangan data warehouse dan perangkat analitik yang digunakan sebagai alat untuk menunjang strategi penerimaan mahasiswa baru. Dengan cara mengumpulkan dan membersihkan data sumber yang kemudian dilakukan Extract, Transform, Load kedalam sebuah database relasional dan kemudian membuat aplikasi perangkat analitik yang dapat mengubah data tersebut menjadi tampilan (visualisasi) yang mudah untuk dianalisa sebagai penunjang strategi promosi. Rancang Bangun Data Warehouse dan perangkat analitik yang dihasilkan dapat menampilkan visualisasi jumlah pendaftar per tahun akademik, perkota asal pendaftar, per sekolah asal pendaftar, per penghasilan orang tua pendaftar, perjurusan yang dipilih pendaftar (tren).Dan fitur-fitur lain yang dapat menunjang dalam melakukan strategi promosi.


 


Kata kunci :Data Warehouse, Perangkat Analitik, Strategi Promosi, Perguruan Tinggi

Article Details

How to Cite
Ma’sum, M. (2017). Rancang Bangun Data Warehouse Dan Perangkat Analitik Sebagai Penunjang Strategi Promosi ( Studi Kasus Universitas Banten Jaya ). ICIT Journal, 3(2), 309-333. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v3i2.71
Section
Articles

References

[1] Arifin, Kusrini, And E. T. Luthfi, “Perancangan Dan Implementasi Data Warehouse Pemasaran Pada CV. Diandra Prima Mitra Media Yogyakarta,” 2014.
[2] B. K. Seah, “An Application Of A Healthcare Data Warehouse System,” ThirdInt.Conf. Innov.Comput. Technol. (Intech 2013), Pp. 269–273, Aug.2013.
[3] B. Verhage, Marketing Fundamentals. 2010.
[4] C. Vercellis, Business Intelligence; Data Mining And Optimization ForDecision Making. 2009.
[5] D. K. Widyawati, “Perancangan Struktur Data Warehouse Untuk Mendukung Perencanaan Pemasaran Produk Menggunakan Star Schema,” Vol. 6, No. 3, 2012.
[6] E. Miranda, “Perancangan Model Data Warehouse Dan Perangkat Analitik Untuk Memaksimalkan Proses Pemasaran Hotel : Studi Kasus Pada Hotel Abc,” Comtech, Vol. 4, No. 1, P. 230–239, 2013.
[7] Ir. Agustina Shinta, Manajemen Pemasaran, Pertama. Ub Press, 2011, P. 156.
[8] J. Guerra, C. Architect, And D. Andrews, “Why You Need A Data Warehouse,”2013.
[9] L. L. Reeves, A Manager’s Guideo Data Warehouse. 2009.
[10] M. Sethi, “Data Warehousing And Olap Technology,” Vol. 2, No. 2, Pp. 955–960, 2012.
[11] P. Kotler And G. Armstrong, Principles Of Marketing. 2011, P. 740.
[12] Sarka, Dejan, M. Lah, And G. Jerkic, Designing And Implementing A DataWarehouse. 2012, P. 848.
[13] T. Ahmed, T. B. Pedersen, And H. Lu, “A Data Warehouse Solution For A Alyzing Rfid-Based Baggage Tracking Data,” © 2013 Ieee , Pp. 283– 292, Jun. 2013.
[14] Y. Zhang, J. Liu, And W. Xu, “Design And Implementation Of Central Heating Data Warehouse System,” Pp. 365–368, 2013.