Analisis Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan pada Pembelian CV Donat Madu Cihanjuang

Main Article Content

Zuhrotul Khasanah
Sella Novitya Sundari
Rahmawati Indriani Pranoto
Muhammad Dimas Tirtawan
Boni Fancius Siahaan
Agung Prayudha Hidayat

Abstract

Pelayanan bertujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen, menumbuhkan loyalitas, dan memberikan efek baik bagi perkembangan bisnis secara keseluruhan. Kendala dalam pelayanan pelanggan yang muncul berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen serta efisiensi operasional. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan pada pembelian produk CV. Donat Madu Cihanjuang yang terletak di Jl. Raya Ciapus Muara, Bogor Selatan, Bogor. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu metode kualitatif yang dilakukan dengan mengumpulkan data lewat survei langsung ke tempat tersebut, serta melaksanakan wawancara untuk memperoleh penilaian mengenai kualitas layanan yang diberikan demi mencapai kepuasan. Data yang diperoleh meliputi data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui observasi dan wawancara langsung, sedangkan data sekunder bersumber dari jurnal atau literatur yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menghasilkan data baru yang menunjukkan bahwa mutu layanan berpengaruh positif dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan saat membeli donat madu Cihanjuang. Standar pelayanan ini juga bisa memberikan efek positif pada kesetiaan dan kepercayaan pelanggan terhadap pembelian produk donat madu Cihanjuang

Article Details

How to Cite
Khasanah, Z., Sundari, S. N., Pranoto, R. I., Tirtawan, M. D., Siahaan, B. F., & Hidayat, A. P. (2025). Analisis Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan pada Pembelian CV Donat Madu Cihanjuang. Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI), 6(2), 191-198. Retrieved from https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/jmari/article/view/4051
Section
Articles