Desain Katalog Digital Penunjang Informasi Dan Promosi Pada Sheen Production
Main Article Content
Abstract
Jasa Videografi dan Fotografi sangat diminati saat ini untuk acara seperti lamaran, pernikahan, ulang tahun, dan acara lainnya untuk mendokumentasikan moment-moment indah bersama orang tersayang. Semakin banyak peminat jasa videografi dan fotografi menyebabkan meningkatnya persaingan. Banyak cara juga yang dilakukan untuk bersaing menarik pelanggan dengan berbagai media promosi. Sheen Production sebelumnya masih bertemu langsung ke pelanggan yang berminat menggunakan jasanya, lalu memberikan katalog cetak untuk melihat paket-paket jasa yang ada pada Sheen Production. Hal ini dirasa kurang efektif, sehingga diperlukan sebuah media promosi berbentuk katalog digital, yang diharapkan dapat berpengaruh besar dalam menyampaikan pesan dan informasi secara efektif tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk cetak katalog. Katalog digital sangat berfungsi dalam mendukung pemasaran atau promosi, untuk meningkatkan pelanggan baru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode mind mapping untuk memudahkan penulis dalam mengingat suatu informasi utama. Lalu dalam perancangan desain dengan konsep desain meliputi layout kasar, layout komprehensif, serta final artwork. Untuk menghasilkan desain yang menarik, desain katalog digital ini dibuat dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CC 2019. Melalui media digital ini diharapkan dapat membantu Sheen Production dalam pemasaran jasa videografi dan fotografi dengan desain yang elegan dan detail informasi yang jelas untuk mudah dipahami oleh pelanggan.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Sunarya, L., Lestari, K. S., & Cholishoh, Z. (2022). Desain Katalog Digital Penunjang Informasi Dan Promosi Pada Sheen Production. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 3(1), 23-32. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v3i1.1543
Section
Articles
References
[1] Mubarok, 2019. Perancangan Multimedia Interaktif Company Profile Dan Katalog Produk Sebagai Media Promosi Zie Batik Semarang.Semarang: UNNES.
[2] Indah, Vivi Safitri dan Dwi Sudjanarti, 2018. Desain Katalog Digital Sebagai Media Promosi Menggunakan Aplikasi CorelDraw X7 dan Flipbook Maker Pada Pusar Creative Malang, JAB Jurnal Aplikasi Bisnis Vol.4 No.1, Malang, Politeknik Negeri Malang.
[3] Susana, 2020. Perancangan E-Katalog Produk Berbasis Android pada PT. Samudera Jaya Benelli Menggunakan User Centered Design (UCD), METIK Vol.4 No.2, Pontianak, Universitas Widya Dharma Pontianak.
[4] Afis dan Tri Handayani, 2020. Peran Promosi Iklan Katalog dalam Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Minimarket Indomaret di Kota Bengkalis), Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi Vol.4 No.2, Riau, Politeknik Negeri Bengkalis.
[5] Bawaiqki, Anita Wandanaya, Eric Febriyanto, dan Devi Iswara, 2020. Perancangan Media Katalog Sebagai Penunjang Promosi dan Informasi Pada PT. Citra Surya Selaras, MAVIB Journal Vol. 1 No.1, Tangerang, Universitas Raharja.
[6] Setyanti, Nugraheni dan Umi Khabibah, 2017. Aplikasi Adobe Photoshop CS6 Untuk Pembuatan Desain Katalog Sebagai Media Promosi Di CV KAJEYE FOOD MALANG”. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 3 No. 2, Malang, Politeknik Negeri Malang.
[7] Maimunah dan Rifki Adi Syahputra, 2018. Desain Media Informasi PT. PLN (Persero) Distribusi Banten, CCIT Journal, Vol.11 No.2, Tangerang, STMIK Raharja.
[8] Triyono, Kemal Salahuddin, dan Hendi Setiawan, 2017. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda, CCIT Journal Vol. 10 No. 1, Tangerang, STMIK Raharja.
[9] Maulani, Giandari, Siti Nur Janah dan Alam Mahbubi 2017, Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2, Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Vol.7 No.1, Pontianak, STMIK Pontianak.
[10] Sulaiman, Annas Marzuki dan Sugiyanto 2019, Optimalisasi Potensi Karya Mahasiswa Mata Kuliah Grafika DKV Melalui Galeri Online, Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies, Vol.4 No.1, Malang, Universitas Negeri Malang.
[2] Indah, Vivi Safitri dan Dwi Sudjanarti, 2018. Desain Katalog Digital Sebagai Media Promosi Menggunakan Aplikasi CorelDraw X7 dan Flipbook Maker Pada Pusar Creative Malang, JAB Jurnal Aplikasi Bisnis Vol.4 No.1, Malang, Politeknik Negeri Malang.
[3] Susana, 2020. Perancangan E-Katalog Produk Berbasis Android pada PT. Samudera Jaya Benelli Menggunakan User Centered Design (UCD), METIK Vol.4 No.2, Pontianak, Universitas Widya Dharma Pontianak.
[4] Afis dan Tri Handayani, 2020. Peran Promosi Iklan Katalog dalam Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Minimarket Indomaret di Kota Bengkalis), Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi Vol.4 No.2, Riau, Politeknik Negeri Bengkalis.
[5] Bawaiqki, Anita Wandanaya, Eric Febriyanto, dan Devi Iswara, 2020. Perancangan Media Katalog Sebagai Penunjang Promosi dan Informasi Pada PT. Citra Surya Selaras, MAVIB Journal Vol. 1 No.1, Tangerang, Universitas Raharja.
[6] Setyanti, Nugraheni dan Umi Khabibah, 2017. Aplikasi Adobe Photoshop CS6 Untuk Pembuatan Desain Katalog Sebagai Media Promosi Di CV KAJEYE FOOD MALANG”. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 3 No. 2, Malang, Politeknik Negeri Malang.
[7] Maimunah dan Rifki Adi Syahputra, 2018. Desain Media Informasi PT. PLN (Persero) Distribusi Banten, CCIT Journal, Vol.11 No.2, Tangerang, STMIK Raharja.
[8] Triyono, Kemal Salahuddin, dan Hendi Setiawan, 2017. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda, CCIT Journal Vol. 10 No. 1, Tangerang, STMIK Raharja.
[9] Maulani, Giandari, Siti Nur Janah dan Alam Mahbubi 2017, Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2, Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Vol.7 No.1, Pontianak, STMIK Pontianak.
[10] Sulaiman, Annas Marzuki dan Sugiyanto 2019, Optimalisasi Potensi Karya Mahasiswa Mata Kuliah Grafika DKV Melalui Galeri Online, Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies, Vol.4 No.1, Malang, Universitas Negeri Malang.