Video Sinematografis Taman Tematik Sebagai Media Informasi Dan Promosi Disbudpar Kota Tangerang
Main Article Content
Abstract
Kota Tangerang secara geografis tidak memiliki wisata alam secara alami, akan tetapi dalam upaya meningkatkan pengelolaan pariwisata daerah maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang yang merupakan salah satu tujuan terbentuknya organisasi ini. Disbudpar telah membangun taman tematik yang tersebar di 13 Kecamatan wilayahnya. Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui taman tematik yang telah dibangun instansi pemerintah ini. Sehingga diperlukan perancangan media video agar informasi dan promosi dapat menyebar dengan cepat kepada masyarakat dan wisatawan domestik. Perancangan video ini akan menampilkan informasi mengenai Taman Potret, Taman Gajah, Taman Herbal, Taman Eco Farm, Taman Eco Park, Taman Pisang, dan Taman Ekspresi dalam bentuk sinematografis agar informasi yang disampaikan dapat menarik masyarakat untuk melakukan kunjungan ke taman-taman tematik tersebut. Metode dalam pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, wawancara dengan pihak instansi serta studi kepustakaan penelitian sebelumnya yang terkait dengan penelitian ini. Perencanaan rancangan video sinematografis ini menggunakan metode Konsep Produksi Media dan dalam proses perancangan video ini menggunakan tools seperti: Adobe Premiere Pro CC 2017, Adobe After Effect CC 2017dan Adobe Illustrator. Dengan adanya rancangan informasi yang dikemas dalam media video sinematografis ini masyarakat dan para wisatawan dapat tertarik untuk mengunjungi taman tematik tersebut serta dapat meningkatkan ekonomi pendapatan Kota Tangerang.
Downloads
Article Details
References
[2] Apriansyah, M Ridwan. Kusno Adi Sanbowo. Arris Maulana, 2019, Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Jakarta : Universitas Negeri Jakarta, Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Vol.9 No.1.
[3] Lestari, Karunia Suci, Ayu Ramadhani dan Arsi Yulianjani, 2021, Film Dokumenter : “Lestari Lenggang Cisadane” Sebagai Pelestarian Budaya Kota Tangerang, Tangerang : Universitas Raharja, MAVIB Journal Vol. 2 No. 1
[4] “Inilah Alasan Mengapa Konten Visual Jadi Sarana Promosi Efektif” selengkapnya https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5142350/inilah-alasan-mengapa-konten-visual-jadi-sarana-promosi-efektif. (diakses 26 Agustus 2022)
[5] Oktavia, Nia dan Marlini, 2020, Model Promosi Perpustakaan Pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Padang : Universitas Negeri Padang, Jurnal Libria Vol.12 No.1.
[6] Maulani, Giandari. Citra Jessycha. Deni Erlangga, 2018, Video Promosi Untuk Program Acara Crazy Challenge MNC Channel-Indovision Dengan Adobe Premiere Pro, Yogyakarta : Universitas Amikom Yogyakarta, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2018 Vol. 6 No. 1
[7] Mair, Zaid Romegar dan Yuni Kartika, 2021, Alur Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Sekayu Berbasis Multimedia, Palembang Musi Banyuasin : Politeknik Sekayu, Jurnal Nasional Ilmu Komputer Vol.2 No.3.
[8] Mulyani, Dwi Cahyaningtyas. Pujiyanto. Rina Nurfitri, 2020, Perancangan Video Pariwisata Kawah Wurung Sebagai Media Promosi, Malang : Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia Malang, Jurnal Mavis Vol.2 No.1.
[9] Desmira. Didik Aribowo. Ratna Ekawati, 2021, Video Promosi Wisata “Cikal Adventure” di Kecamatan Padarincang, Serang : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.3 No.2.
[10] Derajat, Ravi, 2021, Perancangan Video Agrowisata Sawah Solok Sebagai Media Promosi, Padang : Universitas Negeri Padang, Jurnal Desain Komunikasi Visual Vol.10 No.3.
[11] Thasya, Nurul dan Marisa Asuti, 2021, Perancangan Video Dokumenter Purwakarta Istimewa. Bandung : Universitas Widyatama, Jurnal Visual Ideas Vol.1 No.1.
[12] Fatimah, Siti dan Narsul Kamal, 2019, Perancangan Video Promosi Objek Wisata Goa Batu Kapal di Kabupaten Solok Selatan, Padang : Universitas Negeri Padang, Jurnal Dekave Vol.9 No.1.