Video Blended Learning Sebagai Penunjang Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMP Gandasari

Main Article Content

Lusyani Sunarya
Bagus Dermawan
Muhamad Raihan Hidayat
Tuti Nurhaeni

Abstract

Kesuksesan masa depan anak bangsa sangat bergantung pada pendidikan, karena dapat memberikan pengetahuan, membentuk keterampilan, sikap dan pemahaman yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan yang ada di masyarakat. Keberhasilan siswa sangat bergantung pada metode dan media pembelajaran yang digunakan. Masalah yang di hadapi SMP Gandasari adalah metode pembelajaran Bahasa Indonesia sebelumnya dianggap kurang efektif, karena hanya berfokus pada penyampaian materi oleh Guru di kelas dan pemberian tugas untuk evaluasi pembelajaran. Sekolah memerlukan pengembangan media pembelajaran baru, seperti blended learning berbasis video. Blended learning merupakan kombinasi pembelajaran tatap muka dan online. Metode ini akan menggabungkan berbagai model pengajaran dan gaya belajar untuk memungkinkan interaksi antara pendidik dan siswa. Media ini dibuat dengan tujuan untuk membantu Guru dalam mengajar Bahasa Indonesia agar lebih menarik dan mudah dipahami, karena terdapat visual, animasi dan audio. Metode penelitiannya yaitu pengumpulan data, observasi, studi Pustaka dan analisis PIECES. Software yang digunakan yaitu, Filmora X dan Corel DRAW X7 serta Konsep Produksi Media. Dengan video Blended Learning ini dapat membantu proses belajar mengajar siswa/i kelas VII SMP Gandasari, dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan lebih efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sunarya, L., Dermawan, B., Hidayat, M. R., & Nurhaeni, T. (2025). Video Blended Learning Sebagai Penunjang Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMP Gandasari. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 6(1), 107-122. https://doi.org/10.33050/mavib.v6i1.3453
Section
Articles
Author Biographies

Lusyani Sunarya, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

Bagus Dermawan, Universitas Raharja

Alumni Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Muhamad Raihan Hidayat, Universitas Raharja

Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Tuti Nurhaeni, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

References

[1] Anding, M.F. Syukur Saud dan Syamsu Rijal, “Peningkatan Kosakata Bahasa Jerman Melalui Penggunaan Media Cerita Pendek”. Interference Journal of Language Literature, and Linguistics, Vol.2, No. 1, pp 59, 2021.
[2] P. A. Sunarya, G. Maulani, and F. Husaini, “Media Informasi Pembelajaran Jaringan Komputer Berbasis Animasi Interaktif Pada SMK Avicena Tangerang”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 1, no. 2, pp. 190-202, Aug. 2020.
[3] Andriyan, W., Sindiawati, S., & Kurnia, G. P, “Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang.” Bina Insani ICT Journal. ISSN: 2527-9777. Vol.7, No.1, pp.76, 77, 2020
[4] M. P. Abdul Baqi, F. Agustine, and M. Firdaus, “Media Video Blended Learning Untuk Menunjang Mata Pelajaran Multimedia Interaktif Pada SMKS Darul Ishlah Kabupaten Tangerang”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 2, pp. 168-182, Aug. 2023.
[5] Haka, Khairan Noor, "Implementasi Kegiatan Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru di MAN 4 Hulu Sungai Utara." Jurnal Pendidikan Hayati, vol. 7, no. 1, pp 46, 2021.
[6] Efendi, Y., Lusiana, R. M., & Karpen, W. A, “Pelatihan After Efects Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Jurusan Multimedia SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru”, Jcoscis, vol. 2, no. 1, pp. 39-45, Jan. 2022.
[7] Iskandar, H., & Yulanto, D. M, “Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Untuk Meningkatkan Kompetensi Motorik Berbasis Model Blended Learning”. JMEL: Journal of Mechanical Engineering Learning, Vol. 9, No.2, Des. 2020.
[8] Rahmawati, L., Ruminda, R., & Juhana, J, “Empowering Students Integrated Language Skills Through the Use of The Teachers’ Learning Videos in Blended Learning Class.” Indonesian EFL Journal, Vol. 9, No. 1 : pp. 83-94, Jan. 2023.
[9] ALRABADI, I. G., & AL-MOMANI, M. O., “Blended Learning in the educational process of the University Stage During the Corona Pandemic.” International Journal of Global Education. ISSN: 2146-9296. Vol. 7, No. 1, pp. 10-19, 2022.
[10] Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A, “Using Blended Learning Approach (BLA) in Inclusive Education Course: A Study Investigating Teacher Students’ Perception.” International Journal of Emerging Technology in Learning, Vol. 15, No. 2, pp.72-85, Jan. 2020.
[11] M. Abdul Baqi, M., and M. Fadilla Rosmawati, “Perancangan Video Sebagai Media Promosi Pada Restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 5, no. 1, pp. 118-127, Feb. 2024.
[12] L. Sunarya, K. M. Ariyanto, and N. Yuliyanti, “Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Pondok Pesantren Al-Bayan Rangkasbitung Kabupaten Lebak”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 2, no. 1, pp. 13-26, Aug. 2020.
[13] N. Thasya and M. Astuti, “Perancangan Video Dokumenter Purwakarta Istimewa”, visualideas, vol. 1, no. 1, pp. 16–23, Feb. 2021.
[14] K. S. Lestari, A. Ramadhan, and A. Saputri, “Media Video Marketing Sebagai Sarana Promosi Pada Rumah Makan Saung Kecapi”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 2, pp. 236-250, Aug. 2023.
[15] Efendi E., Harahap R. A. G., and Hutagalung A., “Kinerja Pra Produksi, Proses Produksi, dan Pasca Produksi pada Siaran Radio Berbasis Dakwah Islami”, dawatuna, vol. 3, no. 3, pp. 910-925, Jan. 2023.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>