Manfaat Mempelajari Dasar-Dasar Perancangan Sebelum Melakukan Pekerjaan Desain Media Komunikasi

  • Sugeng Widada STMIK Raharja
  • Adi Kusuma Widya Tama STMIK Raharja
  • Roy Karno Surbakti STMIK Raharja

Abstract

Agar dalam melakukan pekerjaan desain dapat dilakukan secara produktif, kreatif dan waktu yang
dibutuhkan efisien, dibutuhkan kemampuan mendasar yang memerlukan persiapan melalui
pembelajaran dan pelatihan mengenai dasar-dasar perancangan atau istilah yang sering digunakan pada
lembaga pelatihan atau institusi pendidikan yang berbasis seni terap disebut Nirmana. Pada dasar-dasar
perancangan atau Nirmana yang dipelajari dasar-dasar perancangan dua dimensi atau Nirmana
Dwimatra dan dasar-dasar perancangan tiga dimensi atau Nirmana Trimatra. Pada Nirmana Dwimatra
yang dipelajari mengenai; unsur atau elemen-elemen dasar dalam perancangan yang disertai pelatihan
atau praktek tentang mengatur komposisi unsur rancangan seperti Titik (Dot), Garis (Line), Bidang

(Shape) warna (Color). Pada saat mempelajari dasar-dasar perancangan dua dimensi maupun dasar-
dasar perancangan tiga dimensi lebih diterapkan ke membuat hasil karya pengaturan komposis unsur-
unsur perancangan dengan sekaligus menerapkan prinsip-prinsip dasar perancangan yang dibutuhkan

dalam perancangan, seperti penerapan mengenai prinsip Ruang Kosong (White Space) , Kejelasan
(Clarity), Kesederhanaan (Simplicity), Pusat Perhatian/Kejelasan (Emphasis), Kesatuan (Unity),
Keseimbangan (Balance), Proporsi (Proportion), Irama (Rhytm) dan Dominasi (Domination). Dari
mempelajari dan memahami dasar-dasar dan prinsip dasar yang dibutuhkan dalam perancangan secara
teoritis maupun praktis akan dapat menunjang kreativitas dalam melakukan pekerjaan desain, aratinya
segala sesuatu yang di hasilkan akan tercermin nilai-nilai seni yang kreatif dan pelaksanaannyapun
waktunya relatif efisien.

Published
2015-08-28
How to Cite
Widada, S., Widya Tama, A. K., & Surbakti, R. (2015). Manfaat Mempelajari Dasar-Dasar Perancangan Sebelum Melakukan Pekerjaan Desain Media Komunikasi. CICES (Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science), 1(1), 40-49. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/cices.v1i1.114
Section
Articles