Video Protokol Kesehatan COVID-19 Sebagai Kesiapsiagaan Menghadapi New Normal Pada Kyriad Hotel Airport Jakarta

Main Article Content

Erick Febriyanto Euis Sitinur Aisyah Indriyani Astuti Ningsih

Abstract

Wabah penyakit Coronavirus (Covid-19) yang melanda hampir seluruh negara di dunia saat ini, telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia yang berdampak sangat besar bagi perekonomian di berbagai sektor, khususnya dalam industri perhotelan di Indonesia. Berbagai macam cara telah dilakukan oleh pengusaha hotel, pengusaha pariwisata, asosiasi perhotelan serta pemerintah dalam mengurangi dampak kerugian bagi industri hotel terutama di Indonesia. Dalam fase new normal ini Penting bagi pelaku industri perhotelan untuk mengambil tindakan pencegahan penularan lebih lanjut serta mengurangi dampak wabah dan mendukung program pemerintah dalam menangani virus Corona dengan melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dengan diberlakukannya new normal, secara garis besar tetap membatasi interaksi antar individu. Dalam upaya pencegahan, Kyriad Hotel Airport Jakarta telah menerapkan protokol kesehatan dalam bentuk video untuk memvisualisasikan aktivitas di area hotel selama era new normal. Dalam video tersebut meliputi kegiatan memakai masker, menghindari berjabat tangan, mencuci tangan dengan sabun, serta memakai hand-sanitizer. Adanya pembuatan video ini untuk menginformasikan agar masyarakat terutama pengunjung tidak perlu khawatir terhadap kebersihan yang ada di area hotel selama pandemi Covid-19 masih berlangsung. Metode penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari Observasi, Wawancara, dan Studi Pustaka, Analisis perancangan media, dan Konsep Produksi media yang terdiri dari : pre-production, production, post-production, dan Implementasi Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah video penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada Kyriad Hotel Airport Jakarta diharapkan dapat digunakan sebagai sarana informasi, dan dokumentasi untuk meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Febriyanto, E., Aisyah, E., & Ningsih, I. (2020). Video Protokol Kesehatan COVID-19 Sebagai Kesiapsiagaan Menghadapi New Normal Pada Kyriad Hotel Airport Jakarta. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 1(2), 178-189. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v1i2.1099
Section
Articles
Author Biographies

Erick Febriyanto, Universitas Raharja

Dosen MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Euis Sitinur Aisyah, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Raharja

Indriyani Astuti Ningsih, Universitas Raharja

Mahasiswi MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] Hidayat, W., Wandanaya, A. B., & Fadriansyah, R. (2016). Perancangan Video Profile Sebagai Media Promosi Dan Informasi Di SMK Avicena Rajeg Tangerang. Journal Cerita, 2(1), 56-69.

[2] Hidayat, W., Maafuf, F., & Bahari, S. (2016). Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Penunjang Promosi Dan Informasi Di PT. Wans Desain Group. Journal Cerita, 2(1), 35-49.

[3] Maulani, G., Sasongko, N. J., & Mulyana, A. Pengembangan Media Promosi Pariwisata Kota Tangerang dalam Bentuk Video Digital pada Dinas Porparekraf. Innovative Creative and Information Technology, 2(2), 207-220.

[4] Sunarya, L., Sari, K., Wahyu, D., & Sahara, P. W. Perancangan Media Iklan sebagai Penunjang Informasi dan Promosi pada Hotel Sitamiang 2 Bogor. Innovative Creative and Information Technology, 2(1), 15-28.

[5] Sunarya, L., Saputra, H. S., & Rahmadhiani, D. (2017). Perancangan Video Profile pada SMK Islamic Village Karawaci Kabupaten Tangerang. Journal Sensi, 3(2), 160-172.

[6] Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210-215.

[7] Daniati, N. T. (2020). Video Referensi Sebagai Solusi Pembelajaran Animasi 3D Di Tengah Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 64-70.

[8] Cinelli, M., Quattrociocchi, W., Galeazzi, A., Valensise, C. M., Brugnoli, E., Schmidt, A. L., ... & Scala, A. (2020). The Covid-19 Social Media Infodemic. arXiv preprint arXiv:2003.05004.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>