Perancangan Media Katalog Sebagai Penunjang Promosi Dan Informasi Pada PT. Citra Surya Selaras

Main Article Content

Anita Bawaiqki Wandanaya Erick Febriyanto Devi Iswara

Abstract

Media promosi dan informasi merupakan media yang sangat berpengaruh serta berperan penting dalam perkembangan pada dunia usaha yang semakin besar dan ketat dalam persaingan. Media komunikasi visual berbentuk desain katalog yang informatif merupakan sebuah cara yang bisa dijadikan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi dan mempromosikan suatu produk perusahaan untuk memudahkan konsumen mencari produk atau jasa yang dibutuhkan. PT. Citra Surya Selaras sangat memerlukan media desain berbentuk katalog yang menginformasikan seluruhan produk unggulan yang ditawarkan dengan lebih lengkap dan terperinci agar dapat menarik minat para klien dan konsumen. Oleh karena itu peneliti membuat media desain berbentuk katalog pada PT. Citra Surya Selaras agar informasi produk atau jasa yang dijual lebih mudah diketahui sehingga sistem promosi menjadi lebih kreatif dan efektif, dengan menampilkan berupa gambar-gambar produk yang menarik dan lengkap dengan susunan warna harmonis serta kalimat yang menjelaskan deskripsi dari produk-produk yang ditawarkan., Media katalog ini diharapkan dapat meningkatkan citra/image pada perusahaan. Dalam penelitian menggunakan sebuah metode analisa permasalahan, pengumpulan data, perancangan media dan konsep desain meliputi layout kasar, layout komprehensif, serta final artwork. Untuk menghasilkan desain dengan tampilan yang bagus dan menarik, media desain katalog ini dibuat menggunakan software penunjang desain seperti CorelDRAW X6 dan Adobe Photoshop CS6.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Maulida, Katerin. dan Joni Dwi Pribadi. 2016. Pembuatan Katalog Dengan Aplikasi CorelDraw Sebagai Media promosi Untuk Meningkatkan Kunjungan Di Wisata Blayu Lesti Lestari Wajak Malang. Malang : Administrasi Niaga, Polieknik Negeri Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis. ISSN : 2407-3741. Vol. 2, No. 1 : 5.
[2] Setyani, Nugraheni. dan Umi Khabibah. 2017. Aplikasi Adobe Photoshop CS6 Untuk Pembuatan Desain Katalog sebagai Media Promosi Di CV Kajeye Food Malang. Malang : Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis. ISSN : 2407- 3741. Vol. 3, No. 2 : 439.
[3] Satrio, Putra Uji Deva. 2019. Perancangan Wisata Kota Surabaya Sebagai Media Informasi Massa. Jawa Timur : Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Jurnal GESTALT. ISSN : 2685-0311. Vol. 1, No. 1 : 95.
[4] Hasan, Munawir. dan Indra Baso Wijaya. 2018. Perancangan Katalog Kuliner Khas Kota Makassar. Makassar : Universitas Negeri Makassar. Jurnal TANRA Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain. ISSN : 2407-6066. Vol. 5, No. 2 : 55.
[5] Hidayat, Wahyu, dan Reni Wulandari. 2018. Rancang Bangun Media Desain Katalog Penunjang Informasi dan Promosi PT Global Bangun Mandiri.Tangerang : STMIK Raharja. CERITA Journal. ISSN : 2461-1214. Vol. 4, No. 1 : 44.