Media Video Blended Learning Untuk Menunjang Mata Pelajaran Multimedia Interaktif Pada SMKS Darul Ishlah Kabupaten Tangerang

Main Article Content

M. Puad Abdul Baqi
Farahdina Agustine
Muhammad Fikri Firdaus

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 ini, mahasiswa membutuhkan fasilitas yang dapat dijadikan sebagai media untuk kegiatan belajar mengajar secara online. Dengan proses pembelajaran yang efektif dan menarik, materi yang disampaikan guru mudah diterima dan dipahami dengan baik. SMKS Darul Islah Kabupaten Tangerang merupakan salah satu sekolah swasta yang terletak di Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten. Permasalahannya metode blended learning yang diterapkan selama ini hanya terdapat di Sekolah Teknik Kendaraan Ringan dan Fakultas Farmasi, dan Departemen Multimedia belum sepenuhnya menerapkan metode blended learning. Kami hanya menggunakan Google Classroom untuk menyediakan materi dalam bentuk slide PowerPoint dan tugas, dan grup WhatsApp untuk pemberitahuan informasi, tetapi memastikan bahwa semua siswa menghormati dan memahami materi yang diberikan oleh guru mereka. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki pemahaman yang berbeda terhadap materi yang dipelajarinya. Hasil dari penelitian ini adalah media video blended learning untuk mendukung mata pelajaran multimedia interaktif di SMK Darul Islah Kabupaten Tangerang. Melalui media pembelajaran ini diharapkan dapat merangsang minat belajar siswa, sehingga nantinya lebih kreatif dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abdul Baqi, M. P., Agustine, F., & Firdaus, M. F. (2023). Media Video Blended Learning Untuk Menunjang Mata Pelajaran Multimedia Interaktif Pada SMKS Darul Ishlah Kabupaten Tangerang. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 4(2), 168-182. https://doi.org/10.33050/mavib.v4i2.2629
Section
Articles
Author Biographies

M. Puad Abdul Baqi, Universitas Raharja

Dosen MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Farahdina Agustine, Universitas Raharja

Alumni Mahasiswi MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Muhammad Fikri Firdaus, Universitas Raharja

Alumni Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] Hidalyalhwalti, Rital. “Trend Blended Lealrning Paldal Pembelaljalraln di New Normall Dalri Palndemi Covid-19.” Joel: Journall of Educaltionall alnd Lalngualge Resealrch 1, No. 4 (2021): 421-424.

[2] Tethool, Godallival, Wensi Ronalld Lesli Palalt, alnd Djalfalr Wonggo. “Peneralpaln Model Pembelaljalraln Blended Lealrning Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr Siswal SMK.” Edutik: Jurnall Pendidikaln Teknologi Informalsi daln Komunikalsi 1, no. 3 (2021): 268-275.

[3] Salsmithal, Weny, Frizki Almral, Juli Calndral, alnd Zulbalhri Zulbalhri. “Desalin Video Aljalr Blended Lealrning Maltal Kulialh Pencalk Silalt.” Sport Science 22, no. 1 (2022): 60-69.

[4] Syalralh, Mial Mali, Ririn Erlinal, alnd Ralhmaldhalni Fitri. “Implementalsi Blended Lealrning paldal Pembelaljalraln Biologi.” In Prosiding Seminalr Nalsionall Biologi, vol. 1, no. 2, pp. 462-470. 2022.

[5] Nur, Al. Mualfialh, alnd Almri Almall Nalsralh. “Blended Lealrning: Peneralpaln daln Pengalruhnyal Terhaldalp Kemalmpualn Berpikir Kritis Malhalsiswal Progralm Studi PGSD.” Jurnall Balsicedu Vol 6, no. 1 (2022).

[6] Ferdialnsyalh, Halndy, N. Zulkifli, Ralhmaln Yalkub, alnd H. Algussallim. “Penggunalaln Model Blended Lealrning terhaldalp Halsil Belaljalr di malsal Palndemi Covid-19.” Edumalspul: Jurnall Pendidikaln 5, no. 2 (2021): 329-334.

[7] Desrianti, Dewi Immaniar, Ahmad Zainudin M. N, and Wendy Andriyan. 2020. “Perancangan Video Safety Induction Pada PT. GMF Aeroasia Tbk Sebagai Media Informasi Keselamatan Kerja”. MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting 1 (1), 90-104.