Perancangan Video Sebagai Media Promosi Pada Restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya

Main Article Content

Muhamad Puad Abdul Baqi
Mayasari .
Mariza Fadilla Rosmawati

Abstract

Penelitian ini mengarah pada perancangan video sebagai media promosi yang efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan untuk datang dan menikmati berbagai hidangan di restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Metode Pengumpuan Data melalui Observasi, Wawancara, dan Studi Pustaka, Metode Anaisis SWOT, Metode Konsep Perancangan Media (KPM) dengan menggunakan software Adobe Premiere Pro 2020 dan Adobe After Effects 2020 yang didalamnya terdapat tahapan Pra-Produksi, tahapan Produksi, dan tahapan Pasca Produksi. Hasil dari perancangan video ini adalah memberikan informasi yang lebih lengkap, menarik dan lebih update dengan menggunakan elemen audio visual, music, dan efek visual yang membuat video promosi ini menjadi sangat menarik, sehingga dapat mendapat perhatian pelanggan dan khalayak serta relasi untuk mencari tahu lebih lanjut, mengunjungi, dan bahkan mengadakan acara/event di Gubug Makan Mang Engking Citra Raya dengan menampilkan  profil, pelayanan, fasililtas, keunggulan, produk makanan dan minuman beserta harga, acara (event), juga testimony dari beberapa pengunjung, serta kata promosi, yang nantinya dapat diimplementasikan melalui channel youtube dan social media yang dimiliki. kemudian dapat lebih meningkatkan jumlah relasi, pelanggan yang datang berkunjung maupun mengadakan acara/event dan meningkatkan jumlah omset pada setiap tahunnya, serta lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abdul Baqi, M. P., ., M., & Fadilla Rosmawati, M. (2024). Perancangan Video Sebagai Media Promosi Pada Restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 5(1), 118-128. https://doi.org/10.33050/mavib.v5i1.2995
Section
Articles
Author Biographies

Muhamad Puad Abdul Baqi, Universitas Raharja

Dosen MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Mayasari ., Universitas Raharja

Mahasiswi MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Mariza Fadilla Rosmawati, Universitas Raharja

Mahasiswi MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. Pemanfaatan Media Sosial Sebaga Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80, 2019
[2] L. Sunarya, P. A. Sunarya, and M. Zaenudin, “Media Promosi Berbentuk Komik Digital Pada
SMK Bina Am Ma’mur Kabupaten Tangerang,” MAVIB Journal, vol. 2, no. 2, pp. 167–
176, Aug. 2021. Available: https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/mavib/article/view/1391
[3] A. S. M. Romli, “Digital Marketing: Dasar-Dasar Pemasaran Internet,” Seni Komunikasi.
Accessed: Sep. 26, 2023. [Online]. Available: https://senikomunikasi.com/digital marketing-dasar-dasar-pemasaran-internet/6/
[4 K. S. Lestari, R. Pratama Akhpa, and S. Yusuf Hasman, “Profile Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti: Pendidikan Berkelanjutan di Kabupaten Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 5, no. 1, pp. 77-92, Nov. 2023.
[5] Sunarya, ., Purbayani, A. D., & Handayani, N.. Media Video Promosi Pada Roofpark Cafe & Restaurant Pucak Bogor Jawa Barat. TMJ (Technomedia Journal) Vo, 5, 220, 2021.
[6] Sunarya, . A., Fajar, A. A., & Abdiah, M. F.. Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Days Hote & Suites Tangerang. Technomedia Journal, 6(1 Agustus), 66-81, 2021.
[7] Budiarto, M., & Bea, U. Media Promosi dan Informasi pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 4(2), 217-227, 2018
[8] Rais, dkk. “Video Promosi Pada Fave Hotel LTC Glodok Jakarta Sebagai Penunjang Informasi “ Raharja Open Journal Systems Vol.4No.2 ISSN: 2356 -5209, 2018
[9] Alatas, Syafirah Shakila. “Perancangan Motion Graphic Iklan Layanan Aplikasi Garuda Kasir Sebagai Media Promosi Di Sosial Media”. Batam: Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Multimedia and Networking (JAMN). e-ISSN: 2548-6853. Vol. 4, No. 2: 2 dan 3, 2020.
[10] Thejahanjaya, D., & Yulianto, Y. H. Penerapan Psikologi Warna Dalam Coor Grading Untuk Menyampaikan Tujuan Dibaik Foto. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 9, 2022.
[11] Triyono, T., Safitri, R., & Gunawan, T. Perancangan Sistem Informasi Absensi Guru Dan Staff Pada Smk Pancakarya Tangerang Berbasis Web. Journa Sensi, 4(2), 153-167, 2018.
[12] Yuanta, F. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekoah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100, 2020
[13] Prastiyanti, D. P., & Yulianto, Y. Media Promosi Pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(2), 174-184, 2019
[14] Putra, G. . A. K. Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media Youtube. In SENADA (Seminar nasional manajemen, desain dan aplikasi bisnis teknoogi) (Vol. 2, pp. 259-265), 2019
[15] Syahputra, R. Strategi Pemasaran Dalam Aquran Tentang Promosi Penjualan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 83-88, 2019.