Perancangan Media Booklet Company Profile PT Pratama Jaya Safety Sebagai Media Promosi
Main Article Content
Abstract
Sektor konstruksi di Indonesia adalah salah satu sektor krusial dalam membangun perekonomian. Persaingannya semakin ketat dengan meningkatnya jumlah perusahaan di industri konstruksi. Untuk tetap bersaing, perusahaan perlu memiliki strategi pemasaran yang efektif, salah satunya melalui promosi yang baik. PT Pratama Jaya Safety merupakan sebuah perusahaan yang fokus pada Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Perusahaan mengalami kendala dalam promosi yang hanya menggunakan media sosial. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan pembuatan company profile dalam bentuk booklet yang dicetak sebagai media promosi yang lebih efektif dan informatif. Perancangan company profile dilakukan melalui proses identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data menggunakan metode analisis SWOT, konsep desain, visualisasi desain menggunakan perangkat lunak Figma, validasi desain, hingga mencapai desain akhir. Desain company profile mencerminkan profesionalisme dan keandalan perusahaan, dengan layout yang menarik dan informatif. Diharapkan dengan penggunaan company profile ini, PT Pratama Jaya Safety dapat meningkatkan cakupan pasar dan mencapai target promosi secara maksimal. Perancangan company profile sebagai media promosi menjadi langkah strategis bagi perusahaan untuk bersaing di pasar konstruksi yang semakin kompetitif. Perusahaan perlu untuk memperbarui informasi secara berkala dalam company profile agar tetap relevan dan efektif dalam menjangkau calon klien di seluruh Indonesia.
Downloads
Article Details
References
[2] A. U. G. Mandagi, H. Harianto, and S. Jahroh, ‘Perencanaan Model Bisnis Konsultan Arsitektur Lanskap di Lagom Landscape Desain’, Jurnal Lanskap Indonesia, vol. 15, no. 2, pp. 108–117, Oct. 2023, Accessed: Mei. 25, 2024. [Online]. Available: https://journal.ipb.ac.id/index.php/jli/article/view/43412
[3] J. Ekonomi, M. & Bisnis, and U. B. Belitung, ‘STRATEGI BISNIS DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH KOPIAH RESAM MENTARI KOTA PANGKALPINANG PONY SAFITRI DAN ZAKIA FAJRIN’, Jurnal Ekonomi Manajemen & Bisnis, vol. 20, no. 1, 2019, Accessed: Mei. 25, 2024. [Online]. Available: https://pmb.unimal.ac.id/
[4] A. W. Purbohastuti, ‘EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMARET’, Jurnal Sains Manajemen, vol. 7, no. 1, 2021, Accessed: Mei. 25, 2024. [Online]. Available: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/SM/article/download/2707/1734
[5] D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, ‘PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House)’, 2019, Accessed: Mei. 25, 2024. [Online]. Available: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950
[6] M. Ma'ruf, "Penerapan Marketing Management Dengan Metode Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Home Industry (Studi Kasus Agung Dimsum Medan Tembung)," Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), vol. 2, no. 4, pp. 208-225, 2023, Accessed: Mei. 25, 2024. [Online]. Available: https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jupiman/article/view/2753
[7] K. A. Sary, S. E. Wibowo, A. M. Jauhari, and A. R. Ashadi, “Media Booklet Company profile CV. Sary Cards Samarinda Penunjang Aktivitas Komunikasi Pemasaran”, Jurnal Analisis Sosial Politik, vol. 4, no. 2, Dec. 2020, Accessed: Mei. 26, 2024. [Online]. Available: https://g.co/kgs/Me7Q7A5
[8] M. A. Ibrahim, M. Lufti Y. Fauzan, P. Raihan, S. N. Nurhadi, U. Setiawan, dan Y. N. Destiyani, "Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran," Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 106-113, 2022, Accessed: Mei. 26, 2024. [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/5287
[9] D. Cahyadi, A. R. Maulana, and D. A. Ginting, ‘Media Promosi Desain Booklet Company profile Pada PT. Komara Putra Manggala’, CICES, vol. 8, no. 1, pp. 1–13, Feb. 2022, Accessed: Mei. 26, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cices/article/view/2118
[10] Y. A. Ningsih, E. Agus, and B. Oemar, ‘PERANCANGAN COMPANY PROFILE PT WIRADECON MULTI BERKAH SEBAGAI MEDIA PROMOSI’, Jurnal Barik, vol. 2, no. 3, pp. 97–110, 2021, Accessed: Mei. 27, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
[11] R. Supriati and P. Bagas Agastya Adhi Putra, “Video Company profile Untuk Sarana Promosi Di CV. Liarie Radha Kayana Cikarang Bekasi,” MAVIB Journal, vol. 4, no. 1, p. 2023, Accessed: Mei. 27, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/mavib/article/view/2293
[12] R. D. Susanto, “Proses Personal Selling dalam Pemasaran KPR BCA,” Jurnal Lugas, vol. 86, no. 2, pp. 86–95, 2020, Accessed: Mei. 28, 2024. [Online]. Available: https://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/download/1223/620
[13] P. Surya, M. Husnur Rofiq, I. K. Pesantren Abdul Chalim Pacet Mojokerto, and S. Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik, “Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto,” Munaddhomah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 2, pp. 31–37, 2021, Accessed: Mei. 28, 2024. [Online]. Available: https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/65
[14] S. Salsabil, I. Kaniawulan, dan L. S. A. Muni, "Redesign User Interface (UI) dan User Experience (UX) Website PT. Mulia Anugrah Container dengan Metode User Center Design (UCD)," JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 3, hal. 1958-1965, 2023, Accessed: Mei. 27, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/6957
[15] R. Satriyo Hadiwijoyo and L. Crisdi, “PERANCANGAN KOMIK DARI BUKU FILOSOFI TERAS OLEH HENRY MANAMPIRING SEBAGAI MEDIA INFORMASI FILSAFAT STOIKISME UNTUK GENERASI Z”, amarasi, vol. 5, no. 01, pp. 24–36, 2024, Accessed: Mei. 28, 2024. [Online]. Available: https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/amarasi/article/view/2956