Pengembangan Media berbasis Video Sebagai Alat Promosi Untuk Rumah Makan Padang Payakumbuh Menteng pada PT Rasa Muda Makmur

Main Article Content

Nurlaila Suci Rahayu Rais
Nadila Andini
Muhammad Rizki Alfin
Muhammad Arrival Alamsyah

Abstract

Saat ini, penyebaran informasi tentang Rumah Makan Padang Payakumbuah terbatas pada platform Instagram dan TikTok, yang hanya menyajikan konten singkat dan dokumentasi kegiatan. Kurangnya informasi yang tersedia membuat masyarakat kurang memahami detail tentang rumah makan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan informasi lengkap mengenai profil, menu makanan dan minuman, layanan, fasilitas, keunggulan, serta kegiatan selama acara pembukaan. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data, analisis  SWOT, perancangan media menggunakan InShot dan Adobe Premiere Pro CC 2019, serta penerapan KPM (Konsep Produksi Media) yang terdiri dari pre-production, production, dan post-production. Dalam industri F&B, persaingan promosi semakin ketat, mendorong perusahaan seperti PT Rasa Muda Makmur, yang membawahi Rumah Makan Padang Payakumbuah, untuk menciptakan strategi promosi efektif. Video promosi diharapkan dapat menjadi media yang informatif, menarik, terkini, dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rais, N. S. R., Andini, N., Alfin, M. R., & Alamsyah, M. A. (2025). Pengembangan Media berbasis Video Sebagai Alat Promosi Untuk Rumah Makan Padang Payakumbuh Menteng pada PT Rasa Muda Makmur. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 6(2), 184-199. https://doi.org/10.33050/mavib.v6i2.3746
Section
Articles
Author Biographies

Nurlaila Suci Rahayu Rais, Universitas Raharja

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

Nadila Andini, Universitas Raharja

Alumni Mahasiswi MAVIB, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

Muhammad Rizki Alfin, Universitas Raharja

Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

Muhammad Arrival Alamsyah, Universitas Raharja

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

References

[1] C. Lystia Rut Winasis, Halimah Sandra Widianti, and Baruna Hadibrata, “DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN: HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN)”, JIMT, vol. 3, no. 4, pp. 399–410, Apr. 2022.
[2] E. A. S. Mathory and S. Syahna, “DAMPAK VIDEO PROMOSI OBJEK WISATA PADA PENINGKATAN PENGUNJUNG DEWI SRI WATERPARK”, jbest, vol. 4, no. 2, pp. 105–119, Oct. 2022.
[3] E. . Latifah, L. . Auliyah, Y. . Al-Busthomi, and L. . Azizah, “ANALISIS SWOT DALAM MENGEMBANGKAN UNIT USAHA PADA KOPERASI SYARIAH ”, JISEF, vol. 1, no. 02, pp. 80–99, Nov. 2022.
[4] L. Sunarya, A. D. Purbayani, dan N. Handayani, “Media Video Promosi Pada Roofpark Cafe & Restaurant Pucak Bogor Jawa Barat”, TMJ, vol. 5, no. 2 Februari, hlm. 220–234, Jan 2021..
[5] Fitrianingrum. Agustina dan Fadilla Dwi Aruny. 2023. “Strategi Promosi Media Sosial Pada Restoran Jepang Sakura Sp”. Batam: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Internasional Batam. Social Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. ISSN: 2987- 7024 (Online). Vol. 1, No. 4: 69-75.
[6] Suprapto, Yandi. Hendri. Joan Goh. Eric. Vivin dan Braven Vladimeer Tandiono. 2021. “Perancangan Strategi Promosi Yang Efektif Untuk Rm. Vegetariano Sushi”. Batam: Universitas Internasional. Batam Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro). ISSN: 2714-8599. Vol. 3, No. 1: 1030-1040.
[7] Ichsan, Abiyyu. Jihan Restu Andayani. Ayu Fransisca Puji Lestari. Laila Zafirah. Yoga Muhammad Busyra. Ramdani Putra Bayu dan Hasmaynelis Fitri. 2023. “Penerapan Strategi Promosi Produk Melalui Sosial Media Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Usaha Mikibal Cafe di Kota Padang.” Malang: Amirul Karya Bangsa Publishing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa. ISSN: 2987-0135. Vol. 1, No. 5: 424-430.
[8] R. Rosyiidah, “Pembuatan Video Profil Sebagai Media Informasi dan Promosi dalam Menunjang Eksistensi Desa Penanggulan”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, vol. 2, no. 7, pp. 2528–2534, Sep. 2024.
[9] A. C. Basuki, M. T. Furqon, dan P. P. Adikara, “Temu Kembali Informasi terhadap Sinopsis Film menggunakan Metode BM25F”, J-PTIIK, vol. 6, no. 3, hlm. 1239–1246, Feb 2022.
[10] Supriati, R., Yandri, R., Saputra, W., & Alvitiana, M. (2025). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat ‘Buanglah Sampah Pada Tempatnya’ Karya Mahasiswa Universitas Raharja. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 6(1), 22-33. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v6i1.3329
[11] M. Abdul Baqi, B. Ramadhan, D. Akbar, and M. Budiarto, “Media Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Pada PT. Aserindo Cahaya Gemilang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 6, no. 1, pp. 91-106, Jan. 2025.
[12] M. Prabowo, E. Sunarya, M. Fauzi, D. Salsabila, and N. Iman, “Persepsi dan Minat Menonton Animasi 2D Edukasi Dampak Bullying (Studi Kasus SDN 7 Cimone)”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 6, no. 1, pp. 123-133, Jan. 2025.
[13] L. Sunarya, M. I. Septiani, and A. Setiawan, “Media Video Sebagai Sarana Informasi Pada Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia ”, TMJ, vol. 7, no. 1 Juni, pp. 53–67, Feb. 2022.
[14] Y. Rokhayati, “Pembuatan Video Dokumenter Kegiatan Pengabdian Masyarakat”, DJPKM, vol. 5, no. 1, Nov. 2020.
[15] R. A. R. Arka, Muhammad Raihan Ardi, and Muhammad Rafi Azka L, “Manajemen Produksi Video Klip ‘Klebus’ Ngatmo Mbilung”, JAS, vol. 4, no. 3, pp. 414–424, Sep. 2023.