Perancangan Aplikasi Pendaftaran Travel Online Menggunakan Laravel Framework Pada PT. Arisalah

Main Article Content

Fifit Alfiah Aad Adyani Moch Abdul Azis

Abstract

Arisalah Merupakan salah satu pengelolaan jaamah haji atau umroh dan juga wisata traveling, salah satunya adalah layanan bimbingan yang diberikan oleh Arisalah adalah Haji atau Umroh. Yang dimana sistem pendaftaranya masih dilakukan dengan cara manual, semua data ditulis tangan pada kertas pendaftaran jamaah, kemudia data dimasukan kedalam Ms.Microsoft Excel. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk para calon jamaah maka, penulis ingin membantu Arisalah untuk membuat sistem pendaftaran online berbasis web dengan menggunakan sistem metode UML (Unifield Modeling Language), dengan menggunakan Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Dan dengan analisa perancangan SWOT yang bisa memberi tahu antara kekuatan sistem,kelemahan sistem,peluang yang diberikan sistem dan, ancaman yang bisa menggagu sistem, dan menggunakan metode pengembangan SDLC (System Development life cycle) dimana ketika sistem dibuat ada planning yang dibuat,kerangka, dilanjutkan dengan implementasi, dan pemeliharaan, Dan untuk mendukung dalam pembuatan sistem aplikasi ini didukung dengan menggunakan PHP sebagai Base dari sistem pendaftaran tersebut dan dengan tambahan menggunakan Xampp, Mysql untuk databasenya, dan Framework Laravel. Dengan adanya sistem ini semoga bisa membantu para jamaah yang ingin mendaftar di Arisalah dengan lebih mudah dan nyaman, tanpa perlu lagi datang ketempat atau cabang - cabangnya langsung.

Article Details

How to Cite
Alfiah, F., Adyani, A., & Azis, M. (2020). Perancangan Aplikasi Pendaftaran Travel Online Menggunakan Laravel Framework Pada PT. Arisalah. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 6(2), 162-175. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v6i2.1168
Section
Articles
Author Biographies

Fifit Alfiah, Universitas Raharja

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Raharja Tangerang

Aad Adyani, Universitas Raharja

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Raharja Tangerang

Moch Abdul Azis, Universitas Raharja

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Raharja Tangerang

References

[1] N. A. Hidayah Et Al., “Pelayanan Haji Dan Umroh Berbasis Web ( Studi Kasus : Kbih Al- Karimiyah Depok ),” Vol. 8, No. 2, Pp. 1–12, 2015.
[2] H. D. Ariessanti, A. H. Putri, And D. Indriyani, “Sistem Informasi Internship Management Application System ( Imas ) Berbasis Web Pada Pt . Gmf Aeroasia,” Vol. 9, No. 3, Pp. 328–335, 2016.
[3] H. J. Permana, D. Supriyanti, And N. Kurnia, “Perancangan Sistem Informasi Rekrutmen Tenaga Kerja Kontrak Berbasis Web Pada Rs . Dr . Sitanala Tangerang,” Vol. 6, No. 1, Pp. 38–48, 2020.
[4] D. Riana, R. Sanjaya, And O. Kalsoem, “Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Patologi Anatomi Menggunakan Model Mvc Berbasis Laravel Framework,” Pp. 8–9, 2018.
[5] N. P. Sari, D. Kurniadi, And D. Irfan, “Sistem Informasi Reservasi Fasilitas Universitas Negeri Padang Berbasis Framework Laravel Nia Permata Sari 1) , Denny Kurniadi 2) , Dedy Irfan 3),” Vol. 6, No. 2, 2018.
[6] A. Wibowo And A. Azimah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjaminan Mutu,” Pp. 6–7, 2016.
[7] S. Informasi, P. Online, P. Rawat, And B. Web, “Jurnal Manajemen Informatika,” Vol. 6, No. 2, 2019.
[8] A. Zakat, N. Baznas, And K. Padang, “No Title,” Vol. 2, No. 2, 2019.
[9] F. Alfiah Et Al., “Perancangan Sistem E – Commerce Untuk Penjualan Pakaian Pada Toko A & S,” Vol. 6, No. 1, Pp. 70–81.
[10] N. Cholisoh And N. Hasanah, “Rancang Bangun Sistem Manajemen Aset It Untuk Pencatatan History Maintenance Sebagai,” vol. 4, no. 2, pp. 220–231.