Perancangan Sistem Informasi Monitoring dan Reminder Piutang Pelanggan Berbasis Web Menggunakan Notifikasi E-mail Studi Kasus PT. Bintang Kanguru
Main Article Content
Abstract
PT Bintang Kanguru setiap hari melakukan penjualan bahan kepada pelanggan yang memesan
kepada perusahaan. Sistem monitoring dan reminder piutang pelanggan yang berjalan saat ini masih
dilakukan dengan cara konvensional yaitu sistem pendataan piutang pelanggan diolah
menggunakan microsoft excell, setiap ada transaksi penjualan maka bagian purchasing akan
mendata penjualan di microsoft excell kemudian memberikan data piutang pelanggan ke bagian
accounting untuk di data. Sistem reminder piutang pelanggan dilakukan dengan cara bagian
accounting membuatkan kontra bon sebagai bukti tagihan piutang pelanggan. Accounting
menginformasikan kepada kurir untuk mengirimkan kontra bon kepada pelanggan H-3 sebelum
tanggal jatuh tempo pembayaran. Sistem yang berjalan saat ini masih terdapat kekurangan
diantaranya accounting membutuhkan waktu yang lama untuk menginformasikan tagihan piutang
kepada pelanggan karena accounting harus menginstruksikan kurir untuk mengantar kontra bon
kepada pelanggan sesuai dengan alamat pelanggan, membutuhkan waktu yang lama untuk membuat
laporan piutang pelanggan karena accounting harus merekap pembayaran pelanggan secara satu
persatu menggunakan microsoft excell, belum memiliki tempat penyimpanan data karena dokumen
piutang pelanggan disimpan dengan cara mengarsipkan dokumen pada lemari arsip. Untuk
mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini peneliti membuat sistem monitoring dan reminder
piutang pelanggan menggunakan notifikasi email. Sistem dibuat menggunakan bahasa pemograman
PHP dan database MySQL. Metode penelitian menggunakan metode analisis PIECES, metode
pengembangan menggunakan SDLC, perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling
Language) dan pengujian sistem menggunakan blackbox testing. Penelitian ini menghasilkan sistem
monitoring dan reminder piutang pelanggan menggunakan notifikasi email yang dikirimkan kepada
pelanggan sebelum H-3 tanggal jatuh tempo pembayaran.
Article Details
References
Keluar (Studi Kasus : Pt. Perkebunan Nusantara Viii (Persero)). Improve, 12(2).
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis
[2] Indriani, A. A., Ratnawati, & Wanita, F. (2019). REMINDER PENGONTROLAN PERAWATAN
GIGI BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 60.
[3] Muhibah, & Yunus, T. S. (2020). PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP
RETURN ON ASSETS (ROA) PADA PT. SUMMARECON AGUNG, Tbk. AkMen,
17(September), 710–718.
[4] Rubedo, H., Suwandi, H., & Mauluddin, S. (2020). Layanan Informasi Penerimaan Mahasiswa
Baru Melalui Aplikasi Email Autoresponder. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1),
84–95. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2578
[5] Sumarlin, T. (2019). Analisa sistem pencatatan dan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi,
Volume 10, 15–22.
[6] Ahsyar, T. K., & Rahman, A. (2018). Sistem Monitoring Piutang Dan Inventori Barang Di Pt.
Anugrah Citra Pestisindo. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 4(2), 142.
https://doi.org/10.24014/rmsi.v4i2.6404
[7] Susilawati, D., Rohman, R. S., Suhada, S., & Prayudi, D. (2018). Sistem Informasi Pengingat
Pembayaran Pinjaman Berbasis Sms Gateway Pada Koperasi PKK Sejahtera. Sistem Informasi
Pengingat Pembayaran Pinjaman Berbasis Sms Gateway Pada Koperasi PKK Sejahtera, 1(1),
121–129.
[8] Saputro, J. I., Martono, D., & Sunariah, S. (2019). Manajemen Sistem Monitoring Pembayaran
Hutang Pembelian Untuk Estimasi Pengeluaran Sebagai Pendukung Keputusan. Cices, 5(1),
30–43. https://doi.org/10.33050/cices.v5i1.569
[9] Martono, A., Mulyati , M., & Maesaroh, S. (2018). Utilizing Customer List Menu To Monitoring
Customer Data On Web Based Accounting Online System 2.0. Aptisi Transactions on
Management (ATM), 1(2), 94–102. https://doi.org/10.33050/atm.v1i2.673