Aplikasi Pengolah Bahasa Alami Untuk Operasi Queri Database

Main Article Content

Agus Purwo Handoko

Abstract

Aplikasi pengolahan bahasa alami untuk pengoperasian queri seleksi dapat : untuk aplikasi yang dibuat dapat mengoperasikan queri seleksi dengan menggunakan kalimat bahasa Indonesia sederhana. Dasar perintah operasi queri yang digunakan adalah aturan Select Operation, sehingga aplikasi yang dibuat hanya dapat digunakan untuk menampilkan data saja dan sebatas data dari 1 tabel saja dan tata bahasa (grammar) yang mengatur bentuk perintah operasi harus ditentukan dalam bentuk aturan produksi sehingga tidak sembarang kalimat dapat diproses. Sistem ini mampu memberi pesan kesalahan ketika ada ketidak sesuaian bahasa alami yang diberikan, namun sebaiknya dimunculkan kalimat alternatif yang berhubungan dengan kesalahan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Handoko, “Aplikasi Pengolah Bahasa Alami Untuk Operasi Queri Database”, CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) Journal, vol. 2, no. 2, pp. 197-204, Jan. 2009.
Section
Articles

References

Harada. S., Itoh. Y, dan Nakatani. H (1997). “Interactive image retrieval by natural language”, Journal of Optical Engineering, vol.36, no.12.
Hartati, S (1990). “Orientation Adaptive Quadtrees Representation”, Tesis Master, Fakultas Ilmu Komputer, University of New Brunswick, Kanada.
Irawan, H.Y (2003). “Penggunaan Bahasa Alami untuk Operasi Antar Image”, Tesis S2 Ilmu Komputer, Universitas Gadjah Mada.
Kaplan M.R (1989). Constructing Language Processors for Little Languages. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Maier, D. dan Warren, D.S (1988) Computing with Logic. Logic Programming with Prolog. Menlo Park : The Benjamin/Cummings Publishing Company Inc.
Maragaudakis, M., Kladis, B., Tsopanoglou, A., Sgarbas, K., dan Fakotakis, N (2004). “Human-Computer Interaction using Natural Language, An Application in the Medical Treatment Domain”, Technical Report, Wire Communication Laboratory, Department of Electrical Engineering and Computer Technology, University of Patras
Russell, S dan Norvig, P (1995). “Artificial Intelligence A Modern Approach”, Prentice Hall, New Jersey.
Samet, H. (1994) “The quadtree and related hierarchical data structure”, Computing Surveys, vol.16,no.2,1984, pp.187-2.