PENGEMBANGAN SISTEM DATABASE PENEMPATAN TENAGA KERJA BERBASIS WEB

Main Article Content

Aris Martono Padeli Padeli Dina Fitria Murad

Abstract

Penelitian Pengembangan Sistem Database Penempatan Tenaga Kerja Berbasis Web ini bertujuan untuk memudahkan penempatan para pencari kerja pada perusahaan yang membutuhkan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan sehingga perusahaan mendapatkan tenaga kerja profesional—siap pakai sesuai dengan profesinya—melalui internet. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Departemen Tenaga kerja dan Transmigrasi selama 4(empat) bulan. Dari hasil analisis kebutuhan dapat dibuat model dan dirancang Sistem Database Penempatan Tenaga Kerja Berbasis Web mencakup : rancangan model database penempatan tenaga kerja; rancangan output; rancangan input—input data dan user interface; rancangan database; rancangan teknologi; rancangan pengendalian; dan kebutuhan perangkat keras dan lunak. Penelitian ini dapat disimpulkan antara-lain : Memudahkan pihak pengguna untuk mengakses secara mobile; Penyedia lowongan kerja mempunyai banyak pilihan para pencari kerja; para pencaker memiliki banyak pilihan lowongan kerja yang diharapkan; Lembaga penyedia tenaga kerja—perguruan tinggi, jasa tenaga kerja swasta dll—akan mudah memantau informasi pasar kerja secara aktual; Lembaga pemerintah terkait selaku pembuat kebijakan akan menciptakan kebijakan ketenagakerjaan yang bersifat kompetitif; Menciptakan budaya baru yang menghargai dan menghormati teknologi informasi sebagai alat untuk aktivitas bisnis; Diperlukan investasi awal untuk mengembangkan sistem database penempatan tenaga kerja berbasis web; Dan dibentuk organisasi dan para personil yang bertugas dan bertanggung-jawab serta diperlukan biaya overhead maupun operasionalnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Martono, P. Padeli, and D. Murad, “PENGEMBANGAN SISTEM DATABASE PENEMPATAN TENAGA KERJA BERBASIS WEB”, CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) Journal, vol. 2, no. 3, pp. 293-313, May 2009.
Section
Articles

References

Burch, J.E., (1992) System Analysis, Design and Implementation, Boyd and Fraser Publishing Company, Boston.
C. J Date (1995), An Introduction to Database System, volume I, 7 th Edition,Addison Wesley
Elmasri, Ramez; Navathe, Shamkant B.; (2001) Fundamentals of Database Systems, The Benjamin/Cummings Publishing Company, Inc., California.
Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan BPS ( 2002), Ringkasan Informasi Ketenagakerjaan, Edisi Triwulan 1, Jakarta.
Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, (2002). Manpower and Employment Situation in Indonesia, Board of Information on Manpower and Transmigration, Jakarta.
Fathansyah, Basis Data (1999), cetakan pertama, Penerbit Informatika Bandung.
Jogiyanto H.M, (2001) Analisis dan Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis, Penerbit Andi Offset, Edisi kedua, Yogyakarta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>