Implementasi Algoritma Apriori Tentang Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Pemilihan Berkuliah di STMIK AMIKOM Surakarta
Main Article Content
Abstract
Beberapa bentuk promosi dilakukan oleh perguruan tinggi swasta untuk menarik minat calon mahasiswa baru. Berkembangnya media sosial juga turut digunakan sebagai salah satu cara untuk berpromosi. Akan tetapi, penggunaan media sosial masih sulit untuk dilihat dampaknya dalam menarik minat calon mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap minat penentuan pemilihan mendaftar di STMIK AMIKOM Surakarta. Data yang digunakan adalah data kuesioner pendapat mahasiswa yang telah bergabung yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi oleh STMIK AMIKOM Surakarta dalam hal promosi. Media sosial yang digunakan pada data penelitian adalah Facebook dan Instagram, pesan instan WhatsApp, dan Website resmi institusi. Pendekatan data mining yang dilakukan adalah berbasis asosiasi-kalsifikasi, yaitu menggunakan pendekatan asosiasi untuk menentukan kelas tertentu dan algoritma yang digunakan adalah apriori. Beberapa hasil dari penelitian ini antara lain Website dan Facebook menjadi tempat penyebaran informasi yang berpengaruh pada keyakinan memilih berkuliah di STMIK AMIKOM Surakarta dan Interaksi menjawab pertanyaan dan tampilan pada Instagram dan Facebook apabila ditingkatkan akan memiliki potensi untuk meningkatkan minat dan keyakinan memilih berkuliah di STMIK AMIKOM Surakarta.