Sistem Informasi E-Guest Book Pada PT. Halliburton Indonesia

Main Article Content

Tri Cahyo Nugroho Nadia Yulandha Nurazizah Nurazizah

Abstract

Sistem informasi adalah satu dari beberapa dari teknologi yang sangat diperlukan oleh perusahaan atau Instansi untuk melakukan pengolahan data sebagimana data merupakan aset terpenting untuk perusahaan. Dalam meningkatkan kualitas PT. Halliburton Indonesia untuk mempermudah Real Astate Team dalam mengolah data tamu, maka pembutan Buku tamu berbasis Web diperlukan. Pada sistem yang berjalan saat ini petugas mengalami kesulitan untuk
memproses data pengunjung pada PT. Halliburton Indonesia. Meskipun sudah menggunakan teknologi komputer sebagai sarana dalam pengolahan data, namun dalam mengolah data buku tamu masih dilakukan secara manual kedalam berkas. Dari masalah yang dijelaskan maka data mengenai tamu masih banyak terjadi kesalahan, kurang akurat, tidak up to date dan masih terjadi keterlambatan dalam membuat dan menyampaikan laporan kepada pimpinan. Pada
penelitian ini, penelitian menggunakan metode pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan literatur review (studi pustaka). Dalam analisis menggunakan metode analisis PIECES. Selanjutnya, design sistem yang berjalan menggunakan Unified Modeling Language (UML) diantaranya: Use Case diagram, Activity diagram dan, Sequence diagram, Bahasa Pemrograman menggunakan PHP, MySQL sebagai database dan Sublime Text 3 untuk Text
Editor. Hasil dari penelitian adalah berupa Sistem Informasi Buku tamu secara terdatabase atau berbasis Web dapat memudahkan petugas untuk mencari data serta menghasilkan data yang lebih akurat.


Kata Kunci: Sistem Informasi, E-Guest Book, Web

Article Details

How to Cite
Nugroho, T., Yulandha, N., & Nurazizah, N. (2021). Sistem Informasi E-Guest Book Pada PT. Halliburton Indonesia. ICIT Journal, 7(1), 20-30. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v7i1.1443
Section
Articles

References

[1] Pamungkas, Canggih Ajika dan Sudarmaji. 2015. Rancang Bangun E-Learning Center Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Media Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta. 1(2). ISSN : 2442-7942.

[2] Alfeno, S., Sudarto, F., & Maulana, I. (2016). Penerapan Analytical Hierarchy Process (Ahp) Sebagai Model Penunjang Keputusan Penerimaan Mahasiswa Program Studi Ground Handling Airlines Pada Universitas Muhammadiyah Tangerang. SENSI Journal, 2(2), 139153.

[3] Pratita, D. (2015). Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

[4] Sutrisno, S., Kristiadi, D. P., & Supriyanti, D. (2017). Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Gangguan Jaringan Lan Berbasis Android Di Sekolah Kemurnian Jakarta. SENSI Journal, 3(2), 221-239.

[5] Syafriadi, S. (2015). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Administrasi pada Hotel Rio Rita Palopo. d'ComPutarE: Jurnal Ilmiah Information Technology, 4(1), 1-7.
[6] Mulyadi, M. (2019). Aplikasi Buku Tamu Elektronik Pada Perpustakaan STIKOM Dinamika Bangsa. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information
Technology), 4(1).

[7] Solihin, C. (2018). Perancangan sistem informasi buku tamu dan kehadiran pegawai di PT. Bio Farma (persero): laporan kerja praktek.

[8] Syafriadi, S. (2015). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Administrasi pada Hotel Rio Rita Palopo. d'ComPutarE: Jurnal Ilmiah Information Technology, 4(1), 1-7.

[9] Riswandi, R. (2010). Perancangan Sistem Aplikasi Buku Tamu Internet Public Umum Menggunakan Visual Basic.

[10] Puspita Dewi, N. (2013). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Tamu Dan Pengunjung Di Museum Geologi (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).