Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Data Occupational Health and Safety Handling PT.CPL

Main Article Content

Henderi Henderi Mulyati Mulyati Yunia Riska Anggrahini

Abstract

Pelaksanaan program Occupational Health and Safety Handling (Program K3/ Kesehatan dan Keselamatan Kerja) pada suatu perusahaan dapat membuat produktivitas dan kinerja karyawan semakin meningkat. Pekerjaan akan diselesaikan dengan baik jika karyawan memiliki rasa aman dan nyaman ditempatnya bekerja. PT.CPL (Cipta Perdana Lancar) penanganan Occupational Health and Safety Handling-nya belum maksimal, permasalahan terjadi dikarenakan masih terdapat beberapa kekurangan, salah satunya pada sisi sistem informasinya sehingga pada pelaksanaannya menjadi belum rapi dan belum terstruktur selain itu masih banyak kekurangan-kekurangan lainnya. Untuk itulah diperlukan pembaharuan sistem informasi yang lebih akurat dan sistem yang cepat menangani permasalahan Occupational Health and Safety Handling di perusahaan tersebut. Untuk melengkapi penelitian ini maka diperlukan beberapa metode, diantaranya untuk metode pengumpulan data membutuhkan Pengamatan langsung, kemudian berlanjut dengan interview kepada Stakeholders dan mencari sumber teori penelitian dengan studi pustaka. Metode analisa penelitian ini memakai Analisa SWOT serta penggambaran desain sistemnya dengan UML yang berorientasi objek. Metode-metode yang digunakan tersebut sebagai dasar dari rancang bangun penelitian ini yang kemudian menghasilkan sebuah Sistem Informasi Pengelolaan Data Occupational Health and Safety Handling yang dibuat dengan berbasis Web sebagai solusi dari masalah-masalah yang terjadi di PT.CPL tersebut.


Kata Kunci : Sistem Informasi, Occupational Health and Safety Handling, Web.

Article Details

How to Cite
Henderi, H., Mulyati, M., & Anggrahini, Y. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Data Occupational Health and Safety Handling PT.CPL. ICIT Journal, 7(2), 156-167. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v7i2.1643
Section
Articles

References

[1] Azizah, Nur. Nurlaila Suci Rahayu, Dewi Anjani. 2021. Rancang bangun sistem persediaan ATK berbasis Web pada Perumdam Tirta Kerta Raharja. Jurnal CERITA, Vol.7(1). 51.
[2] Triono, Zainul Hakim, dan Risky Amelia. 2018. Perancangan Aplikasi Dashboard Pengelolaan Hasil Produksi Departemen Finishing Berbasis Web Pada PT. Panarub Industry. Jurnal Sisfotek Global, 8(2), 84-89.
[3] Nurul Nissa. Ulfa, dan Sholihati Amalia. 2017. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 3(3), 69-77.
[4] Furotin Amalia. Vita. 2017. Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada : PT. Paradise Island Furniture). Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
[5] Dwi Putra. Ade., Elvi Syamsuir, dan Fatma Ira Wahyuni. 2021. Analisis Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Perusahaan Jasa Konstruksi Kota Payakumbuh. Rang Teknik Journal, 4(1), 76-82.
[6] Hasibuan. Rahman. 2017. Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Pelatihan dan Kerja Tim Terhadap Kinerja Tenaga Medis Di Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam. Jurnal Dimensi, 6(2), 323-340.
[7] Moniaga. Fenny, dan Vanda Syela Rompis. 2019. Analisa Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) Proyek Kontruksi Menggunakan Metode Hazard Identification And Risk Assessment. Jurnal Ilmiah Realtech, 15(2), 65-73.
[8] Nurmianto. Eko, Nurma Anita, dan Apriani Nur Aulia. 2018. Identifikasi Hazard dan Perancangan Sistem Informasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Unit Amoniak (Studi Kasus: PT. Petrokimia Gersik). Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, 82(1), 112-122.
[9] Syafrudin, Gusneli Yanti, dan Shanti Wahyuni Megasari. 2019. Penerapan Evaluasi Biaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Konstruksi Dalam Dokumen Perencanaan Teknis Pada APBN Di Lingkungan Dinas PUPR Provinsi Riau, Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan.