Implementasi Customer Data Management Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan IndiHome di PT Telkom
Main Article Content
Abstract
Agilitas pelanggan dan pesatnya perkembangan teknologi membuat perusahaan harus melakukan berbagai macam strategi salah satunya adalah meningkatkan retensi pelanggan agar pelanggan tidak beralih ke kompetitor. Oleh karena itu, perusahaan harus mengenal karakteristik pelanggannya secara spesifik diantaranya melalui pengolahan database pelanggan seperti Customer Data Management. Optimalisasi Customer Data Management dapat membuat perusahaan memahami kebutuhan dan keinginan dari pelanggan. PT Telkom sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara yang memiliki produk IndiHome yang merupakan market leader di Indonesia terus berusaha mempertahankan pangsa pasarnya agar pelanggannya tidak berpindah ke provider lain. Untuk menjaga retensi pelanggan PT Telkom merancang dan membuat strategi agar brand awereness IndiHome dapat terus meningkat dengan membuat program-program loyalitas pelanggan. IndiHome juga meningkatkan layanan dengan menambah variasi program atau channel TV Kabel, serta memberikan pelayanan yang cepat tanggap terhadap keluhan pelanggan sehingga citra perusahaan dan tingkat kepercayaan pelanggan semakin meningkat terlihat dari pangsa pasar dan kontunitas pelanggan menggunakan produk IndiHome. Customer Data Management berperan penting dalam perusahaan dengan kemampuan menganalisa data maka perusahaan dapat menciptakan kelangsungan bisnis di era digital saat ini dan data yang telah diperoleh dapat menjadi landasan keputusan dalam mengambil kebijakan bagi perusahaan.
Kata Kunci: Customer Data Management, Retensi pelanggan, IndiHome
Article Details
References
[2] F. Corea, An Introduction to Data. Everything You Need to Know About AI, Big Data and Data Science. 2019.
[3] M. Moeng and R. Melhem, “Applying statistical machine learning to multicore voltage & frequency scaling,” CF 2010 - Proc. 2010 Comput. Front. Conf., pp. 277–286, 2010, doi: 10.1145/1787275.1787336.
[4] A. Veldhoen and S. De Prins, “Applying Big Data To Risk Management :,” no. December, pp. 1–16, 2014.
[5] M. D. Maharani and T. Widodo, “Dampak Hubungan Karyawan Dengan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome ( Studi Kasus Pada Pelanggan Indihome Di Kota Bandung ) The Impact Of Employee To Customer Relationship On Customers Loyalty In Indihome ( Case Study In Indihome Customers In ,” vol. 6, no. 2, pp. 2237–2244, 2019.
[6] M. H. Syahnur, M. Soeharijanto, and L. Tazlie, “Analisis Customer Experience Dengan Importance Performance Analysis (IPA) – Suatu Studi Pada Pelanggan Telkom Indihome Regional III Bandung,” J. Manaj. Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 1–12, 2018, doi: 10.33096/jmb.v5i2.7.
[7] S. A. Sitorus, “Analisis Pengaruh Inovasi , Kualitas Jasa Dan Promosi Terhadap Retensi Pelanggan Pada Usaha Game Online Internet Di Kecamatan Medan Denai,” J. Inform., vol. 1, no. 3, 2019, doi: 10.36987/informatika.v1i3.119.
[8] N. A. Hasibuan et al., “Implementasi Data Mining Untuk Pengaturan Layout,” vol. 4, no. 4, pp. 6–11, 2017.
[9] C. Schawel and F. Billing, “Customer Relationship Management (CRM),” Top 100 Manag. Tools, vol. 2008, no. Snati, pp. 61–62, 2009, doi: 10.1007/978-3-8349-8185-1_19.
[10] O. Salim and S. Pujangkoro, “TERHADAP RETENSI PELANGGAN UNTUK PRODUK INDIHOME DI PT . TELKOM INDONESIA WITEL MEDAN,” vol. 6, no. 2, pp. 99–107, 2016.
[11] S. A. Sitorus, “Analisis Pengaruh Merk Dagang , Kualitas Jasa Dan Promosi Terhadap Retensi Pelanggan Pada Usaha Warung Selluler Di Kecamatan Medan Tembung,” J. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 14–25, 2019, doi: 10.36987/informatika.v4i2.231.
[12] N. D. Satriawan and N. Usman, “Effect of Commitment, Trust and Satisfaction of Customer Retention of Honda Motor Products Matic,” J. Bus. Bank., vol. 8, no. 1, pp. 45–57, 2018, doi: 10.14414/jbb.v8i1.1516.
[13] J. Kim, “The impact of different price promotions on customer retention,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 46, no. October, pp. 95–102, 2019, doi: 10.1016/j.jretconser.2017.10.007.
[14] Y. Polo, F. J. Sese, and P. C. Verhoef, “The Effect of Pricing and Advertising on Customer Retention in a Liberalizing Market,” J. Interact. Mark., vol. 25, no. 4, pp. 201–214, 2011, doi: 10.1016/j.intmar.2011.02.002.
[15] R. Hurriyati and I. Widiastuti, “Pengaruh Pemasaran Eksperiensial Terhadap Retensi Pelanggan Pada Pengunjung Resort&Spa Kampung Sampireun Garut,” Strateg. J. Pendidik. Manaj. Bisnis, vol. 8, no. 1, p. 1, 2008, doi: 10.17509/strategic.v8i1.995.