Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management Perusahaan Air Minum Daerah Berbasis Website

Main Article Content

Anna Fitria

Abstract

roses meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk perusahaan daerah air minum (PDAM) menjadi fokus utama agar setiap laporan dari pelanggan melalui call center dapat
terlayani dengan baik dan terlaporkan oleh pekerja lapangan dengan baik sehingga perusahaan jasa ini harus memikirkan strategi yang tepat, salah satunya dengan mencoba memperbaiki proses bisnis dalam pelayanan pelanggan dengan menggunakan sistem informasi untuk pengelolaan pekerjaan berbasis Web Service adalah Customer Relationship Management. Dalam hal ini akan dilakukan analisa dan perancangan Sistem Informasi yang menggunakan platform mobile yang akan menjadi solusi dari pengembangan proses bisnis perusahaan daerah air minum (PDAM). Metode penelitian yang gunakan meliputi analisis masalah, analisis kebutuhan dan perancangan sistem. Alat bantu yang digunakan pada tahap analis sistem adalah Use Case Diagram, sedangkan pada tahap Perancangan menggunakan sistem menggunakan DFD, ERD, dan rancangan tampilan aplikasi menggunakan storyboard.



Kata Kunci : Call Center, Web service, Customer Relationship Management, PDAM

Article Details

How to Cite
Fitria, A. (2022). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management Perusahaan Air Minum Daerah Berbasis Website. ICIT Journal, 8(2), 121-131. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/icit.v8i2.2403
Section
Articles

References

[1]. A. J. Kundre, I. Wisnubadhra dan T. Suselo, “Penerapan Customer Relationship Management Dengan Dukungan Teknologi Informasi Pada PO Chelsy,” Semnasteknomedia Online, vol.
I, no. 1, pp. 7-12, 2013.
[2]. B. Sunarfrihantono, PHP dan MySQL untuk web. Yogyakarta: Andi, 2002.
[3]. Kendall, Kenneth E and Julie E. Kendall.2013. Systems Analysis and Design, 9th edition.London:Pearson Education.
[4]. Malcom and john loonam (2011). Exploring the use of entity relationship diagramming as a technique to support grounded theory inqury. Irlandia :Dublin city university
[5]. O. Dyantina, M. Afrina dan A. Ibrahim, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web,” Jurnal Sistem Informasi, vol. IV, no. 2, pp. 516-529, 2012.
[6]. Rosa A.S dan Shalahuddin M (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. EdisiCetakan Ketiga . Bandung: Informatika Bandung
[7]. Sugiri dan H. Saputro, Pengelolaan database MySQL dengan PHPMyAdmin. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.
[8] W. S. Dharmawan, D. Purwaningtias, dan D. Risdiansyah, “Penerapan metode SDLC waterfall dalam perancangan sistem informasi administrasi keuangan berbasis desktop,”
Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. VI, no. 2, Des., hal.159 – 167, 2018.