Penerapan Editing Video Menggunakan Kinemaster Sebagai Sarana Media Promosi Blockchain Pada Instagram
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi semakin maju dengan pesat setiap saat, membuat manusia membutuhkan informasi yang dapat diakses secara cepat, tepat dan mudah. Salah satu nya yaitu informasi tentang teknologi terbaru seperti Blockchain. Namun, pengetahuan tentang blockchain masih minim di telinga khalayak umum, sehingga cara untuk mempromosikan & memberi informasi tentang blockchain tersebut melalui video yang terlihat menarik yang disebarluaskan oleh media informasi seperti Instagram. Namun video promosi harus terlihat bagus dan menarik agar mendapatkan jumlah viewers, oleh sebab itu diperlukan adanya aplikasi praktis untuk editing video dengan memberikan nilai estetika, sehingga bisa terlihat lebih menarik dibanding video asli nya. Penelitian ini menerapkan cara penyebaran informasi dan promosi Blockchain melalui video yang telah diedit dengan Kinemaster dan disebarluaskan di media sosial Instagram, dengan langkah-langkah standar editing video dan analisa data untuk isi konten video blockchain. Terdapat 2 manfaat, yaitu pertama mengetahui cara dasar editing standar untuk video promosi dengan aplikasi di android dan mengetahui informasi tentang Blockchain yang masih belum banyak dikenal. Diharapkan editing video dengan aplikasi ini bisa membuat video tersebut lebih menarik sehingga memikat orang-orang untuk mengetahui tentang Blockchain lewat Instagram.
Downloads
Article Details
References
[2] Aini, Q., Rahardja, U., & Al Nasir, A. L. (2019). Sistem Penilaian Penguji Pada Ujian Kenaikan Tingkat Sabuk Taekwondo Berbasis Laravel Framework Di Kota/Kabupaten. Computer Engineering, Science and System Journal, 4(2), 157-161.
[3] Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi Dan Media Sosial (Communications And Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74.
[4] Salamoon, D. K. (2013). Instagram, Ketika Foto Menjadi Mediator Komunikasi Lintas Budaya Di Dunia Maya. Isu Kontemporer Dalam Kajian Media Dan Komunikasi Profesional. Retrieved from http://repository. petra. ac. id/16642.
[5] Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata Ri (studi Deskriptif Pada Akun Instagram@ indtravel). eProceedings of Management, 3(2).
[6] Argila, J. (2017). How To Create Video News That Rocks In Social Media.
[7] Rahardja, U., Hariguna, T., & Aini, Q. (2019). Understanding the Impact of Determinants in Game Learning Acceptance: An Empirical Study. International Journal of Education and Practice, 7(3), 136-145.
[8] Crosby, M., Pattanayak, P., Verma, S., & Kalyanaraman, V. (2016). Blockchain technology: Beyond bitcoin. Applied Innovation, 2(6-10), 71.
[9] Yli-Huumo, J., Ko, D., Choi, S., Park, S., & Smolander, K. (2016). Where is current research on blockchain technology?—a systematic review. PloS one, 11(10), e0163477.
[10] Ahmad, Fauzan N I. (2018). Teknologi Blockchain Dan Peranannya Dalam Era Digital. Jurnal BJB University
[11] Compesi, R. (2015). Video Field Production And Editing. Routledge.
[12] Marques, O. (2016). Image and Video Everywhere!. In Innovative Technologies in Everyday Life (pp. 45-58). Springer, Cham.
[13] Dariyadi, M. W. (2019). Video Editing Untuk Pembelajaran Bahasa Arab. Repository Karya Dosen JSA, 1(1).
[14] Feinberg, M. A., Song, K. B., & Lim, I. T. (2016). KineMaster: Pro Video Editing On Android. ACM SIGGRAPH 2016 Appy Hour, 7.
[15] Karwandi, K., Roihan, A., & Aini, Q. (2015). Prinsip Dasar Pengambilan Gambar Dalam Kamera. ICIT Journal, 1(1), 67-76.
[16] Hu, Y., Manikonda, L., & Kambhampati, S. (2014, May). What we instagram: A first analysis of instagram photo content and user types. In Eighth International AAAI Conference On Weblogs And Social Media.