Media Video Sebagai Sarana Informasi Rumah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Pada Diskominfo Kota Tangerang
Main Article Content
Abstract
Rumah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang menghadapi tantangan dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat di tengah perkembangan teknologi informasi. Meskipun mereka menggunakan Instagram sebagai saluran komunikasi, namun terdapat kesenjangan dalam memberikan informasi komprehensif tentang profil dan kegiatan Rumah KIM. Kajian ini menyoroti permasalahan tersebut dan berupaya memberikan solusi dengan mengonseptualisasikan media video sebagai sarana penyampaian informasi. Pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, dimana disimpulkan bahwa penggunaan media video bisa menjadi solusi yang efektif. Kami berharap media tersebut dapat diimplementasikan melalui platform YouTube dan Instagram serta dapat diakses oleh setiap keluarga KIM di Kota Tangerang. Metode penelitiannya yaitu pengumpulan data, perancangan media dengan Adobe Premiere pro CC 2020 dan Adobe Photoshop CC 2020, dan Konsep Produksi Media yaitu pre production, production dan post production. Melalui media video informasi Rumah Kelompok Informasi Masyarakat dapat membantu Diskominfo Kota Tangerang, dalam menyampaikan informasi secara lebih lengkap, menarik, up to date, dikenal dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Tangerang
Downloads
Article Details
References
[2] N. Ikhsan and S. Ramadhani, “Sistem Informasi Administrasi Surat Menyurat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau”, JTEKSIS, vol. 2, no. 2, pp. 141-151, Jul. 2020.
[3] I.N.D. Ningsih and Narayana Mahendra Prastya. “Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Foto Produk Bagi Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul”. Vol. 4, No.1: 32, Mar 2022
[4] Y. N. Elyanto, N. L. D. In Diana Sari, and I. N. Larry Julianto, “Perancangan Konten Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi dan Media Promosi Di Graha Kita 18”, amarasi, vol. 5, no. 01, pp. 122–129, Jan. 2024.
[5] L. Sunarya, S. F. Khatami, and S. Ashari, “Media Informasi Berbasis Video UPT PPTP Pada Dinas Perhubungan Kota Tangerang”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 5, no. 1, pp. 40-53, Feb. 2024.
[6] A. Tisrin Tantika, “Efektivitas Penggunaan YouTube Shorts Dalam Penyebaran Informasi (Studi Kasus: Pada Akun Pojok History)”, KOLONI, vol. 3, no. 1, pp. 65–71, Jan. 2024.
[7] N. A. Nadhifa, G. Marshanda, N. Assyifaturohma, S. A. Sakinah, and T. R. Oktavian, “Peran Akun Instagram @Unida_Bogor Sebagai Sarana Informasi dan Komunikasi Mahasiswa”, karimahtauhid, vol. 3, no. 1, pp. 524–531, Jan. 2024.
[8] A. Putri, “Peran Pojoksatu.id dalam Menyebarkan Informasi (Studi Kasus: Media Sosial Tiktok, Instagram dan Facebook)”, KOLONI, vol. 3, no. 1, pp. 57–64, Jan. 2024.
[9] K. Ilham, M. M. Umair, A. Destiano, and M. Ghiffari, “Analisis Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Spiritual pada Mahasiswa Sistem Informasi ITS”, ittishol, vol. 5, no. 1, pp. 19–37, Jan. 2024.
[10] M. Abdul Baqi, M., and M. Fadilla Rosmawati, “Perancangan Video Sebagai Media Promosi Pada Restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 5, no. 1, pp. 118-127, Feb. 2024.
[11] L. Sunarya, K. M. Ariyanto, and N. Yuliyanti, “Media Video Sebagai Penunjang Promosi Pada Pondok Pesantren Al-Bayan Rangkasbitung Kabupaten Lebak”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 2, no. 1, pp. 13-26, Aug. 2020.
[12] M. Mujahid, R. Nugroho, and N. Rizqyah, “Video Profile Program Berita Klik Indonesia Malam Sebagai Media Informasi”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 2, no. 2, pp. 225-236, Jul. 2021.
[13] N. Thasya and M. Astuti, “Perancangan Video Dokumenter Purwakarta Istimewa”, visualideas, vol. 1, no. 1, pp. 16–23, Feb. 2021.
[14] K. S. Lestari, A. Ramadhan, and A. Saputri, “Media Video Marketing Sebagai Sarana Promosi Pada Rumah Makan Saung Kecapi”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 2, pp. 236-250, Aug. 2023.
[15] Efendi E., Harahap R. A. G., and Hutagalung A., “Kinerja Pra Produksi, Proses Produksi, dan Pasca Produksi pada Siaran Radio Berbasis Dakwah Islami”, dawatuna, vol. 3, no. 3, pp. 910-925, Jan. 2023.