Media Promosi Berbentuk Komik Digital Pada SMK Bina Am Ma’mur Kabupaten Tangerang

Main Article Content

Lusyani Sunarya Po Abas Sunarya Muhammad Zaenudin

Abstract

Komik merupakan salah satu media promosi yang cukup efektif karena didalamnya memiliki gambar, teks dan alur cerita. Adanya perkembangan zaman sekarang ini komik tidak hanya dibuat melalui proses konvensional namun juga dapat dirancang dalam proses digital. Komik ini dibuat, untuk membantu sekolah dalam melakukan proses promosi karena berhubungan dengan profil, profesi jurusan, fasilitas, dan keunggulan yang ada di SMK Bina Am Ma’mur Kabupaten Tangerang, sebagai nilai tambah daya tarik dalam proses promosi. Permasalahan yang dihadapi SMK Bina Am Ma’mur dalam mempromosikan sekolah, saat ini hanya melalui spanduk dan brosur yang sederhana dan belum di update, sehingga banyak poin-poin penting yang belum tersampaikan, maka diperlukan pembaharuan dalam media promosi maupun strategi promosi berupa komik digital. Metode penelitiannya yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka, perancangan desain komik dengan menggunakan software Corel Draw x7, Paint Tool SAI v2, dan Adobe Photoshop CS6, konsep desain komik digital yaitu berupa layout kasar, layout komprehensif dan final artwork, Hasil dari penelitian ini berupa komik digital promosi sekolah, agar dari media yang dirancang, mampu menarik calon siswa/i baru untuk bergabung di sekolah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sunarya, L., Sunarya, P. A., & Zaenudin, M. (2021). Media Promosi Berbentuk Komik Digital Pada SMK Bina Am Ma’mur Kabupaten Tangerang. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 2(2), 167-176. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v2i2.1391
Section
Articles
Author Biographies

Lusyani Sunarya, Universitas Raharja

Dosen MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Po Abas Sunarya, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Magister Teknik Informatika Universitas Raharja

Muhammad Zaenudin, Universitas Raharja

Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] Siregar, Helmi Fauzi. Yustiria Handika Siregar dan Melani, 2018, Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Sumatera Utara : Universitas Asahan. Jurnal Teknik Informatika, E-ISSN : 2615-2738, Vol. 2. No. 2 : 114.

[2] Wulandari, Ria, Achmad Rachmat dan Bobby Aditya Nugraha, 2018, Promosi dan Informasi Pada Media Video Profile SMA Mandiri Balaraja, Tangerang : STMIK Raharja, Journal CICES, ISSN : 2356-5209, Vol.4, No.2 : 210.

[3] Anggraeni, Elisabet Yunaeti dan Rita Irviani, 2017, Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta : Andi Offset.

[4] Sasongko, Garin Adi, 2020, Perancangan Web-Komik Spirit of Sakera Sebagai Alternatif Pengenalan Tokoh Sakera Untuk Remaja Usia 12-17 Tahun, Surabaya : Universitas Negeri Surabaya, Jurnal Seni Rupa, ISSN: 2355-1925, Vol. 8. No. 1.

[5] Miranda, Putri Hemas, Heru Dwi Waluyanto dan Aznar Zacky, 2018, Perancangan Buku Komik Sebagai Media Informasi Mengenai Dampak Game Terhadap perilaku Sosial Anak, Surabaya : Universitas Kristen Petra, Jurnal DKV Adiwarna, ISSN: 2087-9385, Vol. 1. No. 12.

[6] Lestari, Ayu Eka dan Triani Ratnawuri, 2020, Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi pada Materi Manajemen Kelas X SMA Muhammadiyah Pekalongan, Lampung : Universitas Muhammadiyah Metro, ISSN : 2442-9449, Vol.8 No.1.

[7] Swandi, I Wayan, Arya Pageh Widada, Gede Yoga Kharisma Pradana dan I Nyoman Suarka, 2020, The Digital Comic Tantri Kamandaka: A Discovery for National Character Education, Bali : Institut Seni Indonesia Denpasar, International Journal of Innovation,Vol. 13. No. 3.

[8] Triyono. Kemal Salahuddin dan Hendi Setiawan. 2017. Desain Media Komunikasi Visual Penunjang Event Wisuda. Tangerang : STMIK Raharja. ICIT Journal. ISSN :1978-8282. Vol.10. No.1 : 101

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>