PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAMBT TRAINING CENTRE BERBASIS DEKSTOP(STUDI KASUS PADA HRD PT. BUMITANGERANG MESINDOTAMA)

Main Article Content

Dedeh Supriyanti Adi Kusuma Widya Tama Ikhsan Bakhri

Abstract

Perkembangan teknologi pada era modern seperti saat ini berpengaruh pada bidang teknologi informasi. Tidak terkecuali pada perusahaan yang sudah mulai memperbaharui sistem manual ke sistem yang sudah terkomputerisasi. Tingkat kecepatan serta ketepatan sangatlah penting dan menjadi nilai utama pada sebuah sistem, oleh karena itu sebuah sistem harus mendukung teknologi yang memadai. Demikian halnya yang terjadi pada PT. Bumitangerang Mesindotama yang sudah menerapkan sistem yang sebagian besar sudah terkomputerisasi. Seperti halnya departemen HRD pada PT. Bumitangerang Mesindotama yang sudah menerapkan sistem berbasis komputer namun belum maksimal dalam penggunaannya dan masih saja menggunakan cara manual menggunakan media kertas, hal ini pula yang memberatkan staff HRD di dalam penginputan data training karyawan yang berakibat tidak tercapainya prestasi kerja karyawan. Di dalam pembuatan sistem serta penelitian ini penulis menggunakan metode SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, & threats), serta juga menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Perangkat lunak yang digunakan adalah bahasa pemrograman Basic dan aplikasi Visual Basic. Dengan program aplikasi BT Training Centre ini diharapkan bisa meminimalkan kesalahan penginputan data serta memudahkan dalam pencarian data karyawan yang sudah mengikuti pelatihan ataupun prestasi karyawan lainnya dan memudahkan untuk mengekspor data untuk keperluan lainnya.

Article Details

How to Cite
Supriyanti, D., Tama, A. K., & Bakhri, I. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAMBT TRAINING CENTRE BERBASIS DEKSTOP(STUDI KASUS PADA HRD PT. BUMITANGERANG MESINDOTAMA). Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 4(2), 191-204. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v4i2.645
Section
Articles

References

[1] Agusta, Leonardo dan Susanto, Eddy Madiono. 2013. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya. Jurnal dari universitas Kristen Petra Surabaya, Vol.1 No.3. [online]. Tersedia di http://repository.petra.ac.id. [02 November 2017]
[2] Al-Bahra Bin Ladjamudin. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu: Yogyakarta.
[3] Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.
[4] KamusBisnis, "Kamus Bisnis dan Manajemen", http://kamusbisnis.com/arti/rekam-jejak/ (diakses 12 Maret 2018)
[5] Sedarmayanti, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Refuka Aditama.
[6] Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.
[7] Ainnur Rofiq, Sholiq, dan Feby Artwodini Muqtadiroh. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIMPEL) pada Lembaga Pelatihan XYZ. Jurnal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Vol 2, No. 1.
[8] Sayeti, Imanaji Hari. 2013. Anallis Pengembangan Sistem Aplikasi E-Training Karyawan Berbasis WEB Pada PT. Mutiara Solusindo.
[9] Tri Retnowati, Agung. 2017. APLIKASI PEMBEKALAN KARYAWAN BARU DI YOMART MENGGUNAKAN TRAINING JARAK JAUH. Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 11, No. 1, Juni 2017, ISSN 2442.4943.
[10] Octorasari, Dian ,Weda Adistianaya Dewa. 2016. APLIKASI PELATIHAN INTERAKTIF PADA PT. KSI (PT. KOSMETIKATAMA SUPER INDAH – INEZ KOSMETIK). Jurnal DINAMIKA DOTCOM, Vol. 7, No. 2, Tahun 2016, ISSN 2086.2652.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>