MANAJEMEN JARINGAN NIRKABEL UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DI SETIAP KAMPUS
Main Article Content
Abstract
Kemajuan teknologi saat ini sudah merambah ke berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah penggunaan konsep ilearning, dimana kegiatan pendidikan dapat diakses melalui internet.. Dengan penggunaan perangkat nirkabel yang memungkinkan pengaksesan ke materi pendidikan. kegiatan ini berjalan dengan baik dengan penggunaan hotspot di area kampus yang memungkinkan mahasiswa mengakses jaringan ilearning. Pengembangan terhadap jaringan nirkabel secara cepat berubah menjadi hotspot yang tersentralisasi untuk melakukan konfigurasi secara menyeluruh, tetapi pembatasan akses ke hotspot masih perlu ditingkatkan untuk menjaga performa dan kualitas metode ini. untuk itulah penulis merancang sebuah aplikasi yang mengatur penjadwalan terhadap hotspot dengan data pengguna dan kelas sehingga menghasilkan sebuah konfigurasi hotspot yang dinamis.
Article Details
References
[2] Aji Suprianto, Analisis kelemahan keamanan pada Jaringan Wireless, jurnal Dinamik, no.11 2006
[3] Fredy Susanto, Management User Centralized Hotspot sebagai jalur data terpusat, Proceeding Senaputro, Jakarta, 2012
[4] Hirzi, Pengembangan Keamanan Wireless LAN WPA2PSK dengan WPA2 Enterprise PEAP MSCHAP V2 dan Captive Portal menggunakan Network Policy Server dan PFSENSE Firewall, 2013
[5] Ivan Rhiady Sastranegara; Felix Firman Wibisana, Perancangan dan Implementasi Hotspot dengan Server Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), 2011
[6] Rahardja, “ iLearning sebagai metode Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Raharja”, CCIT Jurnal 2010
[7] Tzu Chien Liu, Teaching in a wireless learning environment, Case Study Tzu Chien Liu National Central University, Jung-li City