Pemanfaatan Teknologi Digital Marketing Dalam Mendukung Kegiatan Promosi Dan Penjualan UKM Di Kota Tangerang Selatan indonesia

Main Article Content

Indri Handayani Fadli Maulidana Irfan Fauzi

Abstract

Abstrak


Usaha Kecil dan Menengah atau biasa disingkat dengan UKM adalah salah satu motor penggerak perekonomian di Indonesia. Salah satu wilayah yang mempunyai jumlah UKM yang cukup potensial yaitu pada daerah Tangerang Selatan namun belum sepenuhnya dapat memanfaatkan kegiatan promosi serta metode penjualan yang dilakukan secara digital. Penyelenggara UKM di wilayah Tangerang Selatan kini masih memasarkan hasil karya seni ke pasar seni atau pasar rakyat di Kota Tangerang. Hal ini tentunya disayangkan mengingat penjualan produk mereka yang sangat sempit dapat berpengaruh terhadap pendapatan penjualan yang dihasilkan dari hasil tenun serta kerajinan tangan tersebut menjadi tidak sesuai yang diharapkan, dengan mutu dan keunikan hasil kerajinan tangan yang dihasilkan seharusnya dapat memperoleh keuntungan penjualan yang lebih maksimal jika hal tersebut dapat menembus pangsa pasar yang lebih luas. Metode pelaksanaan kegiatan pengembangan ini menjadi 2 (dua) tahapan. Pertama adalah dengan melaksanakan sosialisasi terkait peran serta pemanfaatan internet bagi peningkatan perekonomian pada UKM. Kedua adalah dengan melakukan pengabdian pada penelitian ini yang berfokus pada pengembangan pemanfaatan teknologi pemasaran yang lebih modern dapat mendukung kegiatan promosi serta penjualan UKM dengan memberikan contoh bagaimana membuat website pemasaran (e-commerce) sederhana yang bisa dilakukan secara langsung ke seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut terutama para pelaku UKM di Kota Tangerang Selatan. Setelah dilakukannya pelatihan pengembangan tersebut maka akan diteruskan dengan mengikuti asisten dalam setiap prakteknya. Aktivitas asisten ini dilaksanakan sehubungan dengan hambatan yang ditemui pengusaha kecil menengah dalam pengembangan ini bermasalah maka diperoleh hasilnya maka sebagian para UKM sangat mengaku tertarik akan mulai memakai contoh kegiatan iklan serta teknik penjualan secara digital memanfaatkan teknologi yang ada dalam menopang aktivitas penjualannya dalam menggunakan teknologi internet. Setelah kegiatan sosialisasi dan pengembangan ini dilaksanakan maka didapatkan hasil bahwa beberapa para peserta UKM menyatakan sangat berminat untuk mencoba menggunakan kegiatan promosi serta teknik penjualan secara digital memanfaatkan teknologi yang ada dalam mendukung aktivitas penjualan.


 


Kata Kunci : UKM, Digital Marketing, Sosialisasi, Pengabdian, Website Pemasaran.

Article Details

How to Cite
Handayani, I., Maulidana, F., & Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital Marketing Dalam Mendukung Kegiatan Promosi Dan Penjualan UKM Di Kota Tangerang Selatan. Universal Raharja Community (URNITY Journal), 2(2), 75-80. Retrieved from https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/urnity/article/view/1795
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)