TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PENINGKATAN EFISIENSI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN: STUDI KASUS KELURAHAN KETANGGUNG TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PENINGKATAN EFISIENSI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN: STUDI KASUS KELURAHAN KETANGGUNG

Main Article Content

Indri Handayani Riski Faisal Rafi Muhammad Acla Alamsyah Putra Zidane Bachtiar Gilang Safera Putra

Abstract

Era digital merupakan suatu masa dimana sudah mengalami perubahan atau perkembangan dalam kehidupan dari yang tadinya manual berubah menjadi digital atau sudah menggunakan teknologi. Dan Era Digital pun tidak luput juga merambah ke instansi Pemerintahan baik di Kelurahan sekalipun. Kelurahan Ketanggung merupakan instansi Pemerintah di tingkat paling bawah yang melayani masyarakat atau warga untuk mengurus Administrasi Kependudukan. Administrasi kependudukan yaitu serangkaian kegiatan dalam penerbitan dokumen atau berkas yang diterbitkan oleh pihak desa berdasarkan permohonan warga desa atau penduduk untuk pengantar ke instansi pemerintah ke tingkat selanjutnya. Dalam hal pelaksanaan pencatatan maupun penerbitan Administrasi dokumen, Kelurahan Ketanggung masih menggunakan sistem yang diproses secara manual dari pengisian formulir hingga penerbitan dokumen kependudukan. Hal tersebut dapat mengakibatkan timbulnya masalah pada saat penginputan data, kelengkapan data, serta menyebabkan proses penerbitan yang akan memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu Kelurahan memerlukan solusi pengembangan sistem Administrasi Kependudukan yang akan mempermudah pegawai maupun masyarakat untuk mengurus dokumen penting dengan hasil yang maksimal.

Article Details

How to Cite
Handayani, I., Rafi, R., Alamsyah Putra, M., Bachtiar, Z., & Putra, G. (2024). TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PENINGKATAN EFISIENSI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN: STUDI KASUS KELURAHAN KETANGGUNG. Universal Raharja Community (URNITY Journal), 4(2), 144-148. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/urnity.v4i2.3200
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>