KNOWLEDGE MANAGEMENT SEBAGAI SALAH SATU JEMBATAN PENGEMBANGAN INSTITUSI UNGGULAN
Main Article Content
Abstract
Setiap organisasi perlu mengembangkan kemampuan atau keunggulan bersaingnya agar dapat bertahan, bersaing dan mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan baik. Sumber daya yang dibutuhkan untuk berlangsungnya itu tidak semata-mata dari sumber daya tradisional seperti sumber daya alam, tenaga kerja dan melainkan juga dari sumber daya takwujud (intangible resources), yaitu pengetahuan (intelectual capital). Untuk memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari pengetahuan yang dimiliki dan untuk mengetahui pengetahuan apa yang harus dimiliki, suatu organisasi harus mengelola pengetahuannya melalui knowledge management (KM). Dengan KM secara sadar organisasi mengidentifikasi pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki, dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja dan menghasilkan inovasi. Suatu Institusi saat ini diharapkan bisa berkompetisi dan mempunyai daya saing untuk menjadi Institusi yang unggulan. Untuk itu diperlukan metodologi knowledge management. Knowledge management adalah kemampuan untuk menciptakan dan mempertahankan nilai yang lebih besar dari kompetensi institusi intinya (core institutional competencies). Aset institusi ini adalah aset yang menentukan jenis tenaga kerja, informasi, keterampilan dan struktur organisasi yang diperlukan. Meskipun institusi telah memiliki produk andalan dan teknologi yang tercanggih, tetapi akhirnya perlu disadari bahwa sumber yang berkelanjutan (sustainable resources) dari keuntungan daya saing kompetitif (competitive advantage) adalah pengetahuan dan pengalaman. Karena pengetahuan dan pengalaman mampu untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan mengaplikasikan pengetahuan mengenai semua hal tersebut untuk mencapai tujuan bisnis. Dengan demikian knowledge management dapat dijadikan suatu aset berharga bagi suatu institusi.
Downloads
Article Details
References
Davenport, T and dan Prusak, L. (2000). “Working Knowledge: How Organizations Manage What They Know”. Harvard Business Scholl Press. Massachusetts.
Figallo, C, and Nancy, R. (2002). Building the Knowledge Management Network: Best Practices, Tools, and Techniques for Putting Conversation to Work. John Wiley & Sons Inc. NewYork.
Ningky, M. (2008), “Knowledge Management Audit - Pedoman Evaluasi Kesiapan Organisasi Pengelola Pengetahuan,” Penerbit PPM, Jakarta.
Zack, M. (1999). “Knowledge and Strategy”. Butterworth-Heinemann. Oxford.