Pemanfaatan Film Sebagai Peningkatan Media Promosi Pada Tempat Wisata

Main Article Content

Dewi Immaniar Desrianti Ruli Supriati Kivti Herdiana

Abstract

Perkembangan zaman saat ini berpengaruh terhadap berkembang nya teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu media pendukung untuk menyampaikan informasi yang efektif yaitu media promosi. Saat ini banyak tempat – tempat wisata yang memanfaatkan Film sebagai media promosi. Film saat ini banyak digemari oleh kalangan manapun karena Film menampilkan penyampaian cerita yang berbentuk audiovisual dan memiliki makna atau arti serta dikemas dengan teknik sinematografi yang indah dan menarik. Permasalahannya adalah dalam menginformasikan dan mempromosikan Wisata Alam Sevillage ini hanya menggunakan media cetak seperti brosur, pamflet keterangan harga tiket, nameboard dan foto-foto yang diunggah ke sosial media Wisata Alam Sevillage, sehingga diperlukan pemanfaatan Film untuk peningkatan media promosi pada Wisata Alam Sevillage. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pihak pengelola dalam peningkatan media promosi untuk menarik minat berkunjung ke Wisata Alam Sevillage melalui strategi promosi pada sosial media Facebook, Instagram, Youtube, dan promosi ke relasi. Manfaat penelitian ini yaitu melalui Film ini, Wisata Alam Sevillage dapat meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung, serta meningkatkan pencapaian target pemasaran. Metode penelitiannya yaitu, Pengumpulan Data, Analisa SWOT, Analisa Perancangan Media dan Konsep Produksi Media (KPM). Hasil dari penelitian ini nanti nya akan diimplementasikan ke media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube untuk membantu mempromosikan Wisata Alam.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Desrianti, D., Supriati, R., & Herdiana, K. (2020). Pemanfaatan Film Sebagai Peningkatan Media Promosi Pada Tempat Wisata. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 2(2), 143-155. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/mavib.v2i2.1189
Section
Articles
Author Biographies

Dewi Immaniar Desrianti, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Ruli Supriati, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

Kivti Herdiana, Universitas Raharja

Alumni Mahasiswi MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] Septian, I Gusti Ngurah Agung Pramasurya Dwi. Gede Saindra Santyadiputra. I Made Agus Wirawan. 2017. Film Dokumenter PTI : Rumahku (Sebuah Catatan, Sebuah Kisah). Bali : Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. ISSN: 2541-0652. Vol. 12, No. 2.

[2] Santyadiputra, G. S., Pradnyana, G. A., & Suardika, I. M. D. (2017). Film Dokumenter Genggong “Sebuah Instrumen Musik Kuno”. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(1), 60-69.

[3] Hariyanto, A. F., Syafwandi, M. S., Afriwan, H., & Sn, S. (2018). Perancangan Promosi Wisata Kota Medan Dalam Bentuk Media Audio Visual. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 7(2).

[4] Saleh, Y. R., Arya, I. F., & Afriandi, I. (2016). Film yang Efektif Sebagai Media Promosi Kesehatan bagi Masyarakat. Jurnal Sistem Kesehatan, 2(2).

[5] Sari, R. D., Hasyim, A., & Yanzi, H. (2017). Pemanfaatan Film Perjuangan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bela Negara Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 5.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>