Media Video Profile Pada Pondok Pesantren Al-Multazam Sepatan Kabupaten Tangerang

Main Article Content

Eka Purnama Harahap
Luthfya Miranda
Rakha Zuhdi Zein
Pratama Sajati

Abstract

Promosi memiliki peran krusial dalam dunia pendidikan saat ini, termasuk di Pondok Pesantren Al-Multazam Sepatan yang menawarkan program pendidikan tingkat SMP, SMA, dan SMK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat calon santri serta individu yang tertarik untuk mendaftar. Salah satu kendala yang dihadapi adalah terbatasnya media promosi yang tersedia, seperti spanduk, brosur, dan konten di platform media sosial seperti YouTube, Instagram, dan Facebook, yang umumnya hanya berisi dokumentasi foto acara. Minimnya video profil menjadi kendala dalam memberikan informasi yang lengkap, terkini, dan menarik. Selain itu, pandemi COVID-19 juga berdampak negatif terhadap jumlah pendaftar, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang lebih kreatif, termasuk pembuatan video profil. Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data, analisis SWOT, serta pembuatan materi promosi dengan menggunakan perangkat lunak seperti Adobe After Effects Pro CC 2015, Adobe Premiere Pro CC 2015, dan Adobe Photoshop Pro CC 2015, dengan pendekatan Konsep Produksi Media (KPM). Diharapkan video profil yang dibuat dapat menyampaikan informasi secara lebih menarik, lengkap, dan relevan, sehingga mampu meningkatkan visibilitas pesantren dan menarik lebih banyak pendaftar di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harahap, E. P., Miranda, L., Zein, R. Z., & Sajati, P. (2025). Media Video Profile Pada Pondok Pesantren Al-Multazam Sepatan Kabupaten Tangerang. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 6(2), 146-159. https://doi.org/10.33050/mavib.v6i2.2982
Section
Articles
Author Biography

Rakha Zuhdi Zein, Universitas Raharja

Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika Universitas Raharja

References

[1] R. W. S. Sampouw, C. T. M. Manoppo, and I. Rianto, “Pengembangan Video Profil Perusahaan Menggunakan Teknik Dubbing di SMK”, EduTIK, vol. 2, no. 2, pp. 224-232, Apr. 2022.
[2] A. Ernawati, E. Z. . Astuti, and Z. Arifin, “Pembuatan Video Profil dan Penguatan Promosi PMDK Drumblek Ungaran Kabupaten Semarang”, abdidas, vol. 3, no. 6, pp. 997 - 1008, Nov. 2022.
[3] M. I. Wardhani dan M. A. W. Prasetyo, “Penggunaan Action Script pada Video Profil Desa Kedunggede”, TMJ, vol. 7, no. 2 October, hlm. 136–147, Agu 2022.
[4] W. M. Huda, M. Murhadi, and W. T. Saputro, “Pengembangan Video Profil Sebagai Media Promosi Pada Pondok Pesantren”, intek, vol. 6, no. 1, pp. 77-86, May 2023.
[5] Anggarini, Anggi, et al. "KONSEP VISUAL VIDEO PROFIL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PROGRAM STUDI DESAIN GRAFIS POLITEKNIK NEGERI JAKARTA." Jurnal Dimensi DKV: Seni Rupa dan Desain 7.2, 175-186, okto 2022.
[6] Maharani Jasmine, A., and R. Benaya Loen. "Penggunaan Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Meningkatkan Promosi Pada PT Avoir Industry (The Use Of Company Profile Video As A Means of Information and Increase Promotion at PT Avoir Industry)." JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia 2.2, 125-132, nov 2020.
[7] Utomo, Budi Prio. "Video profil SMK Animasi Bina nusantara batam berbasis motion graphic." Journal of Applied Multimedia and Networking 4.1, 7-14, nov 2020.
[8] M. T. Widayanto, M. S. Bahri, and Y. Rahajeng, “Pembuatan Video Profil Objek Wisata Rawatirta untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Desa Sumberkedawung Leces Probolinggo”, CONSEN, vol. 1, no. 2, pp. 63-68, Dec. 2021.
[9] M. Ichfan, “Video Profil Universitas Teknologi Akba Makassar Berbasis Multimedia”, digitech, vol. 3, no. 2, pp. 499-504, Oct. 2023.
[10] Annashri, Robby, and Sandi Justitia Putra. "Perancangan Media Video Company Profile “LPK Logika Internasional”." JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia 2.4, 190-198, Nov 2021.
[11] Afta Apriansyah, Mardian Herri Pratama, and Desy Misnawati, “Video Profile Pemasaran Destinasi Wisata Arung Jeram Desa Rantau Nipis Kec. Banding Agung Oku Selatan”, SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 1, no. 1, pp. 80–85, Mar. 2022.
[12] Wynni Safenthi, “Perancangan Template Video Profil Sebagai Media Promosi dengan Teknik Motion Graphic”, INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 233–243, Feb. 2023.
[13] L. Sunarya, B. Abdurachman, dan P. R. Ningsih, “Video Profile Balai Latihan Kerja Pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang”, TMJ, vol. 5, no. 2 Februari, hlm. 206–219, Jan 2021.
[14] D. Eko Valentino and M. Jodi Hardiansyah, “Perancangan Video Company Profile pada Hotel de Java Bandung”, TEMATIK, vol. 7, no. 1, pp. 1-20, Jun. 2020.
[15] A. Mustopa and A. . Juraidi, “Perancangan Video Profile CV. Bumi Raya Sekata Berbasis Motion graphic ”, jacis, vol. 3, no. 1, pp. 73–80, May 2023.
[16] A. B. . Santoso and M. U. . Dewi, “Implementasi Website Company Profile Sebagai Media Sistem Informasi Pemasaran Dan Pengenalan Sekolah Secara Online Saat Pandemi”, abdidas, vol. 2, no. 4, pp. 859-865, Aug. 2021.
[17] Utami, Putri, and Hendi Sama. "Penerapan Metode MDLC pada Perancangan Video Profile Sekolah Advent Mision Sagulung." COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2.5, 443-451.sep.2022.

Most read articles by the same author(s)