Perancangan Video Promosi Wisata Menggunakan Pendekatan MDLC: Studi Kasus Gunung Dago Bogor
Main Article Content
Abstract
Video promosi wisata memiliki peran penting dalam membentuk citra destinasi pariwisata di era digital, mempengaruhi persepsi dan keputusan wisatawan dalam memilih tujuan wisata. Wisata Alam Gunung Dago di Bogor, yang sebelumnya dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan dan kini menjadi koperasi Kowista Gunung Dago, menghadapi tantangan dalam promosi. Promosi yang dilakukan sebelumnya masih bersifat tradisional, seperti dari mulut ke mulut dan dokumentasi sederhana di media sosial, sehingga kurang menarik dan hanya dikenal oleh wisatawan lokal. Penelitian ini bertujuan merancang video promosi untuk memperkenalkan Wisata Alam Gunung Dago, meliputi profil, objek wisata, fasilitas, dan kegiatan. Metode penelitian meliputi observasi, wawancara, studi pustaka, analisis MDLC (Multimedia Development Life Cycle), serta perancangan media menggunakan Adobe Premiere Pro 2019 dan Adobe Photoshop CC 2019. Konsep Produksi Media mengikuti tahapan pre production, production, dan post production. Diharapkan video promosi ini dapat menarik lebih banyak pengunjung dan memperkenalkan Wisata Alam Gunung Dago kepada masyarakat luas, khususnya di luar wilayah lokal, sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung setiap tahunnya.
Downloads
Article Details
References
[2] A. Ratih Renaningtyas, Aulia Dwi Wahyuni, and Lita Oktarina, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen: Promosi, Harga dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen)”, JEMSI, vol. 3, no. 5, pp. 522–529, May 2022.
[3] Rizki Ailulia, P. N. Saidah, and W. Sutriani, “Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Kelas V”, JP, vol. 1, no. 2, pp. 47–56, Aug. 2022.
[4] E. A. S. Mathory and S. Syahna, “Dampak Video Promosi Objek Wisata Pada Peningkatan Pengunjung Dewi Sri Waterpark”, Jbest, vol. 4, no. 2, pp. 105–119, Oct. 2022.
[5] H. Akhyar and E. Purnomo, “Promosi Wisata Lembah Harau”, joe, vol. 6, no. 1, pp. 3536-3543, Jun. 2023.
[6] Fauziah, “Analisis Manajemen Pemasaran Islam terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. BPRS Carana Kiat Andalas”, elkahfi, vol. 4, no. 01, pp. 280-290, Mar. 2023.
[7] D. Aldo, M. Ilmi, and H. Hariselmi, “Pengembangan Multimedia Interaktif Hewan Berbisa dengan Metode Multimedia Development Life Cycle”, josh, vol. 4, no. 2, pp. 364-373, Jan. 2023.
[8] F. Soleha, N. Susanti, and M. Jailani, “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Bukit Indah Simarjarunjung Danau Toba”, SIBATIK, vol. 2, no. 3, pp. 963–972, Feb. 2023.
[9] Afifa, Nur dan Defrizal, “Analisis Strategi Promosi Wisata Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Puncak Mas Sukadanaham Bandar Lampung”, sj, Vol. 1, no.3, pp 245-252. Aug 2022.
[10] E. A. S. Mathory and S. Syahna, “Dampak Video Promosi Objek Wisata Pada Peningkatan Pengunjung Dewi Sri Waterpark”, jbest, vol. 4, no. 2, pp. 105–119, Oct. 2022.
[11] J. P. Suharsono and D. . Nurahman, “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Peningkatan Pelayanan Dan Informasi”, Ganaya, vol. 7, no. 1, pp. 298–304, Mar. 2024.
[12] A. Martono, N. Harits, and I. Choirunnisa, “Media Video Promosi D’Masiv Pada PT. Masif Satu Misi”, MAVIB Journal: Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 1, pp. 88-100, Feb. 2023.
[13] S. Sabilla, L. P. Khairani, and E. Syaputra, “Menganalisis Kemampuan Gemar Membaca Teks Narasi Siswa Di Man 2 Deli Serdang”, mude, vol. 1, no. 3, pp. 159–164, Jun. 2022.
[14] R. Y. Ariyana, Erma Susanti, and Prita Haryani, “Rancangan Storyboard Aplikasi Pengenalan Isen-Isen Batik Berbasis Multimedia Interaktif”, INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 1, no. 3, pp. 321–331, Jun. 2022.
[15] P.. Nugraha and D. Eriend, “Peran Script Writer Dalam Menyampaikan Pesan Moral Melalui Film Sabda Rindu”, JKOMDIS, vol. 4, no. 2, pp. 339–343, May 2024.