Sistem Informasi Booking Futsal Menggunakan Metode Agile SDLC Pada KAO Futsal

Main Article Content

Ade Setiadi Ridhoi Ahmad Ridwan Naufal Ridhwan Rizqullah

Abstract

Futsal adalah sebuah olahraga permainan bola yang dimana 1 (satu) team yang
beranggotakan 5 (lima) orang. KAO futsal merupakan tempat sarana olahraga yang berada di
kota Tangerang yang menyediakan tempat penyewaan permainan olahraga futsal. Sistem yang
berjalan saat ini masih konvensional yaitu dengan melakukan pencatatan di buku besar. Guna
mempermudah proses pemesanan penggunaan lapangan futsal maka dibuat penelitian untuk
membuat Sistem Informasi Booking Futsal pada KAO futsal dengan menggunakan metode
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi pustaka, dan wawancara. Metode
analisis sistemnya menggunakan analisis SWOT. Rancangan program ini dibuat menggunakan
UML yang berisikan use case diagram, activity diagram dan sequence diagram sebagai alat
design, dengan menggunakan Bahasa program PHP (hypertext preprocessor) berbasis
framework Codeigniter dan MySQL sebagai database dengan menggunakan Metode Agile
sebagai metode pengembangan sistem (SDLC). Metode untuk pengujian yang digunakan
blackbox testing. Sistem informasi penyewaan lapangan futsal ini diharapkan dapat
mempermudah customer dan pengelola lapangan futsal dalam proses pengelolaan jadwal
pemakaian lapangan futsal.

Article Details

How to Cite
Setiadi, A., Ridwan, R., & Rizqullah, N. (2021). Sistem Informasi Booking Futsal Menggunakan Metode Agile SDLC Pada KAO Futsal. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 7(1), 1-12. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v7i1.1422
Section
Articles
Author Biographies

Ade Setiadi, Universitas Raharja

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi

Ridhoi Ahmad Ridwan, Universitas Raharja

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi

Naufal Ridhwan Rizqullah, Universitas Raharja

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi

References

[1] V. Wahanggara, S. Kom, M. K. Yeni, D. Rahayu, S. St, and M. Kom, “Implementasi
Agile Model Pada Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web Service”. Universitas
Muhammadiyah Jember, 12 Jul 2018.
[2] R. Ilyas and Y. H. Chisnanto, “Pengembangan Sistem Informasi Penelitian LPPM
Universitas Jenderal Achmad Yani Dengan Agile SDLC,” pp. 8–9, 2018.
[3] F. Nurzaman, “Pengembangan Sistem Otomatisasi Tagihan Menggunakan Metode
Agile Software,” vol. 4, no. 1, pp. 46–57, 2020.
[4] R. Rian, C. Putra, and D. Y. Sylfania, “Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis
Android Pada Bes Cinema Pangkalpinang,” vol. 6, no. 2, pp. 196–206, 2018.
[5] G. Jihadi, “Rancang Bangun Sistem Aplikasi Penyewaan Lapangan,” pp. 7–12, 2017.
[6] R. H. Swastika and F. N. Khasanah, “Sistem Informasi Reservasi Lapangan Futsal Pada
Futsal Corner Menggunakan Metode Waterfall,” vol. 1, no. 2, pp. 251–266, 2017.
[7] D. Gunawan and E. C. Nugroho, “Sistem informasi sewa rumah kost dan rumah
kontrakan berbasis web di surakarta,” vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2015.
[8] I. Septavia, R. E. Gunadhi, and R. Kurniawati, “Sistem Informasi Penyewaan Mobil
Berbasis Web,” pp. 534–540, 2005.
[9] A. Pujohardiyanto and S. Rofiah, “Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat dengan
Codeigniter dan Bootstrap,” vol. 6, no. 1, pp. 103–112, 2019.