Model Aplikasi Helpdesk Online Untuk Mendukung IT Support Dalam Meningkatkan Pelayanan Karyawan

Main Article Content

Junaidi Junaidi Luthfia Fauzia Dewi Aryanti Rizky Yugho Saputra

Abstract

PT. Aplus Pacific yang sudah berdiri hampir 20 tahun, semakin memperlihatkan
perkembangan yang pesat. Diantaranya bertambahnya karyawan dan juga semakin kompleksnya
sistem pendukung operasional manufaktur perusahaan yaitu Enterprise Resource Planning
(ERP) yang digunakan oleh karyawan tersebut. Atas dasar fakta tersebutlah penelitian ini
melihat potensi permasalahan yang akan timbul, yaitu menurunnya pelayanan support dari
Departemen IT terhadap permintaan ataupun keluhan karyawan yang berkaitan dengan
kebutuhan Teknologi Informasi baik dari sisi hardware dan juga software. Karena saat ini tim
dari Departemen IT masih melayani karyawan perusahaan dengan media line telepon PABX.
Hal tersebut memiliki beberapa kekurangan yang dapat menghambat proses penyelesaian
masalah, seperti tidak sebandingnya line telepon yang ada dengan banyaknya keluhan di waktu
yang bersamaan, sampai proses penyelesaian masalah yang relatif lama walaupun kemungkinan
tim Departemen IT pernah mengalami atau menerima keluhan yang sama, dikarenakan tidak
adanya basis pengetahuan yang tersimpan dengan baik. Berdasarkan hasil analisa yang
dilakukan secara langsung, sistem penanganan permintaan dan keluhan yang berjalan
memerlukan perubahan. Maka dari itu tujuan utama penelitian ini adalah merancang sistem
Helpdesk yang dapat mengakomodir banyaknya kebutuhan dan keluhan karyawan di PT. Aplus
Pacific dengan cepat dan juga tersimpan dalam log agar dapat sewaktu-waktu dilihat kembali
oleh tim Departemen IT sebagai pedoman atau acuan untuk menyelesaikan problem dengan
lebih cepat. Dan dengan adanya sistem tersebut, Departemen IT bisa melakukan pembenahan
dan pengembangan guna meningkatkan kepuasan karyawan terhadap pelayanan Departemen IT.
Dengan demikian untuk mewujudkan tujuan diatas penelitian ini berencana merancang sistem
aplikasi berbasis Web dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan
frameworkCodeIgniter dan menggunakan basis data MariaDB.


 

Article Details

How to Cite
Junaidi, J., Dewi Aryanti, L., & Saputra, R. (2021). Model Aplikasi Helpdesk Online Untuk Mendukung IT Support Dalam Meningkatkan Pelayanan Karyawan. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 7(1), 90-102. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v7i1.1438
Section
Articles
Author Biographies

Junaidi Junaidi, Universitas Raharja

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi

Luthfia Fauzia Dewi Aryanti, Universitas Raharja

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi

Rizky Yugho Saputra, Universitas Raharja

Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi

References

[1] Junaidi, Junaidi, Siti Euis Iyana Nurlia, and Fira Arbaimaniar Nurul. "Model
Sistem Pengolahan Data Pengaduan Karyawan untuk Mengukur Kepuasan Pelayanan
dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan." Journal Cerita 6.1: 63-73.
[2] Supriati, Ruli, Junaidi Junaidi, and John Hendri. "Implementation of
Outsourcing Employee Sales System For Verification and Acceleration Salary
Transparency." Creative Communication and Innovative Technology Journal 13.1: 76-87.
[3] Cholisoh, Novi, Sendy Zul Friandi, and Grees Wiliam. "Faktor Pengaruh
Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kontribusi Kinerja Karyawan pada PT.
Gapura Angkasa Bandara Soekarno Hatta." Cyberpreneurship Innovative and Creative
Exact and Social Science 5.1: 44-63.
[4] Junaidi, Junaidi, Al Husain, and Jumaria Manda. "Rancang Bangun Sistem
Informasi Simpan Pinjam sebagai Monitoring Unit Kerja untuk Mengukur Kinerja
Angsuran Pembayaran." Innovative Creative and Information Technology 5.2: 213-224.
[5]
M. Subekti, Warnars Junaidi, H.L.H.S., Y. Heryadi, "The 3 steps of best data
warehouse model design with leaning implementation for sales transaction in franchise
restaurant", Cybernetics and Computational Intelligence (CyberneticsCom) 2017 IEEE
International Conference on, 20–22 Nov 2017.
[6] Cholisoh, Novi, Henderi Henderi, and Siti Khodijah. "Rancang Bangun Sistem
Administrasi Perizinan Kursus untuk Meningkatkan Pelayanan Masyarakat pada Pusat
Pemerintahan." Journal Cerita 5.2: 189-201.
[7] Junaidi, Junaidi, Sutrisno Sutrisno, and Koriatul Janah. "Model Aplikasi
Purchasing System Untuk Monitoring Stok Dalam Mengurangi Tingkat Kerugian."
Journal Sensi 5.1 (2019): 86-98.
[8] Thiehunan, Hendrik.,Thiang. (2002). Sistem Monitoring Keamanan
Menggunakan PLC FESTO. Jurnal Teknik Elektro Vol.2 No.2.
[9] Sudarto, Ferry, Novi Cholisoh, and Cheetah Savana Putri. "Sistem Informasi
Pengambilan Kartu Ujian Mahasiswa Plus (Kum+) Berbasis Web." E-JURNAL JUSITI:
Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 7.2 (2018): 153-162.
[10] J. Junaidi, A. Julianto, N. Anwar, S. Safrizal, H.L.H.S. Warnars, K. Hashimoto,
"Perfecting a Video Game with Game Metrics", Telkomnika, vol. 16, no. 3, pp. 13241331,
June 2018
[11]Zainuddin, A., Junaidi, J., & Putra, R. D. (2017). Design of E-Commerce
Payment System at Tokopedia Online Shopping Site. Aptisi Transactions On
Management, 1(2), 143-155.
[12] Nugroho, Hendra Setyo Adi., Sukmaaji, Anjik., Jatmika, Kurniawan. (2013).
Sistem Informasi IT Help Desk Prioritas Kerja Berbasis Web pada PT Pelabuhan
Indonesia III Cabang Tanjung Perak. Jurnal JSIKA 2
[13] Sunarya, Lusyani, Ageng Setiani Rafika, and Novi Cholisoh. "Pengaruh
Ilearning Dan Profesionalisme Dosen Terhadap Kinerja Jurusan Teknik Informatika
Stmik Raharja Tangerang."

Most read articles by the same author(s)