MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN PC DENGAN ANIMASI 3D MENGGUNAKAN 3DSMAX UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK

Main Article Content

Wahyu Hidayat Rochman Gagas Wicaksono Reza Julian

Abstract

Obyek  dalam  penelitian  ini  adalah  media  pembelajaran  menggunakan  macromedia  flash,  subyek  dalam penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media baik dari dosen dan guru mata pelajaran perakitan PC. Untuk mengetahui  kelayakan  produk  media  pembelajaran  maka  dilakukan  pengujian  validitas  dengan  mengadopsi pendapat dari beberapa ahli (expert judgment). Penelitian ini menggunakan metode Riset dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut : (1) Mencari potensi dan masalah, (2) analisis kebutuhan, (3) desain produk, (4) pembuatan software, (5) uji validitas oleh ahli, (6) revisi produk. Media pembelajaran ini di uji oleh empat orang ahli yaitu dua ahli media dan dua ahli materi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara garis besar media pembelajaran berbasis 3dsmax mata  pelajaran  perakitan  PC  layak  digunakan  sebagai  media  pembelajaran.  Validasi  dari  ahli  materi  berupa penilaian dan saran perbaikan yang diperlukan agar aspek materi dari produk yang dikembangkan layak. Penilaian ahli materi memberikan penilaian bahwa media yang dihasilkan layak. Kemudian validasi ahli media diperoleh dengan cara memberikan koesioner yang berisi tentang aspek-aspek tampilan disertai dengan produk media yang dikembangkan kepada ahli media. Validasi ahli media memberikan penilaian bahwa media pembelajaran yang dihasilkan layak.

Article Details

How to Cite
Hidayat, W., Wicaksono, R., & Julian, R. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN PERAKITAN PC DENGAN ANIMASI 3D MENGGUNAKAN 3DSMAX UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK. Journal Sensi: Strategic of Education in Information System, 2(1), 92-97. https://doi.org/https://doi.org/10.33050/sensi.v2i1.743
Section
Articles

References

1] Republik Indonesia. 2003. Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta Sekertariat Negara.
[2] Gulo, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Grasindo\Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Rineka Cipta.
[3]Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV.Alfabeta: Bandung.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>