PERANCANGAN APLIKASI JAJAK PENDAPAT MELALUI PESAN SINGKAT DENGAN MENGGUNAKAN TOXYGEN SMS DAN DELPHI 6.0

Main Article Content

Junaidi Junaidi Indrianto Indrianto Ricki Harahap

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak terlepas dari masalah. Baik itu dalam kehidupan individu atau pun dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya dalam suatu perusahaan yang akan mengeluarkan suatu kebijakan baru, tentu saja para manajer perusahaan itu harus memperhitungkan bagaimana resiko dari dikeluarkannya kebijakan itu. Apakah akan berdampak positif atau malah akan berdampak negatif bagi perusahaan?. Dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam memutuskan hal tersebut agar tidak menimbulkan masalah baru. Biasanya bila suatu kebijakan dikeluarkan tidak pada saat yang tepat dan dinilai terlalu merugikan akan menimbulkan penolakan. Disebuah perusahaan penolakan ini biasanya diekspresikan dalam sebuah demonstrasi (demo) para karyawannya. Jika hal ini telah terjadi tentu saja akan sangat merugikan perusahaan, karena proses produksi akan terhenti sehingga jadwal pengiriman barang pesanan akan tertunda dan perusahaan harus mengganti rugi atas keterlambatan itu. Dalam menyikapi hal ini aplikasi jajak pendapat melalui pesan singkat akan sangat membantu dalam mengambil keputusan, apakah kebijakan itu akan dikeluarkan atau ditunda sampai situasi memungkinkan. Perusahaan bisa mengajak para karyawannya untuk mengikuti jajak pendapat melalui pesan singkat tentang kebijakan baru yang akan dikeluarkan. Dari hasil jajak pendapat itu tentu perusahaan akan mengetahui bagaimana tanggapan dari para karyawannya. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah catatan penting yang harus diperhatikan dalam mengeluarkan kebijakan. Aplikasi Jajak Pendapat ini dimaksudkan untuk membantu proses jajak pendapat yang masih dilakukan secara manual, sehingga kendala-kendala yang biasanya ditemui dalam proses jajak pendapat secara manual dapat teratasi. Dengan demikian kegiatan jajak pendapat dapat dengan mudah dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
J. Junaidi, I. Indrianto, and R. Harahap, “PERANCANGAN APLIKASI JAJAK PENDAPAT MELALUI PESAN SINGKAT DENGAN MENGGUNAKAN TOXYGEN SMS DAN DELPHI 6.0”, CCIT Journal, vol. 1, no. 1, pp. 34-55, Sep. 2007.
Section
Articles

References

Dharma Sutedjo Budi dan Handoko Yosia (2003). Database Pendidikan Berbasis Ponsel. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Febdian Memahami Polling Secara Awam.http://febdian.net/node/74. http : // www.oxygensoftware.com.
Husni (2004). Pemrograman Database Dengan Delphi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kurniawan Uke (2004). Konsep Layanan Informasi Untuk Pasien di Suatu Rumah Sakit Dengan Menggunakan SMS. http://www.stttelkom.ac.id.
Ladjamudin Al-Bahra (2004). Metode Perancangan Program. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
Saiful Bahri dan Sjachriyanto Wawan (2005). Pemrograman Delphi. Bandung: Informatika Bandung.
Setiawan C Yudha (2004). Tip Dan Trik Delphi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Supardi Yuniar (2004). Delphi Dalam Praktek. Jakarta: Datakom Lintas Buana.
Wiryanto Dewobroto (2003). Aplikasi Sains dan Tehnik dengan Visual Basic 6.0. Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo.
Zakaria Marcus Teddy dan Widiadhi Josef (2006). Aplikasi SMS Untuk Berbagai Keperluan, Bandung: Informatika Bandung.

Most read articles by the same author(s)