Perancangan E-catalog Media Sosial Sebagai Strategi Meningkatkan Penjualan di Teras Spot Perancangan E-catalog Media Sosial Sebagai Strategi Meningkatkan Penjualan di Teras Spot

Main Article Content

Anita Bawaiqki Wandanaya Dewi Immaniar Desrianti Zakaria Ramadhan

Abstract

Abstrak


Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu  bisnis kecil yang memulai suatu usaha baru dengan harapan memperoleh pendapatan yang cukup.  Peran UKM di Indonesia selain menyokong bisnis besar  juga menciptakan lapangan kerja dengan memperkerjakan 79% angkatan kerja. Namun Pandemi covid 19  memberikan dampak besar bagi penurunan pendapatan usaha kecil. Teras Spot yang merupakan salah satu bisnis kecil bidang kuliner berbentuk coffee shop di Jakarta. Selama ini Teras Spot melakukan upaya promosi menggunakan metode word of mouth untuk mempromosikan produknya namun mengalami penurunan yang cukup signifikan dikarenakan belum banyak dikenal luas untuk dapat bersaing di media sosial. Sebuah brand tentunya memerlukan media penunjang promosi produk mereka dalam bentuk visualisasi yang menarik dan dapat berinteraksi pada khalayak luas. Tujuan dari perancangan katalog media sosial ini memperluas promosi melalui platform media sosial Instagram dan facebook sebagai media penunjang promosinya, diharapkan dapat membantu Teras Spot agar produknya lebih dikenal luas oleh para calon customer, sehingga dapat meningkatkan traffic penjualan serta dapat bersaing dengan kompetitor coffee shop yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kualitatif, sedangkan analisa data menggunakan metode SWOT dan Perancangan Media dan Konsep Produksi Media untuk menghasilkan solusi terbaik dan  tepat sasaran bagi masalah yang dihadapi Teras Spot.


 


Kata kunci : Katalog digital, media sosial, promosi

Article Details

How to Cite
Wandanaya, A., Desrianti, D., & Ramadhan, Z. (2022). Perancangan E-catalog Media Sosial Sebagai Strategi Meningkatkan Penjualan di Teras Spot. Universal Raharja Community (URNITY Journal), 2(2), 107-115. Retrieved from https://ejournal.raharja.ac.id/index.php/urnity/article/view/2348
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>