Strategi Promosi Klinik Kecantikan Emyel Aesthetic Melalui Media Video dengan Pendekatan MDLC

Main Article Content

Ruli Supriati
Aang Hidayat
Safinatunnaziyah .
Sugeng Widada

Abstract

Media video menjadi elemen kunci bagi para pengusaha dalam memperkenalkan perusahaan mereka kepada masyarakat luas. Klinik yang menjadi objek penelitian sebelumnya hanya menggunakan media promosi seperti spanduk, poster, dan foto sederhana yang diunggah melalui Instagram, TikTok, dan WhatsApp. Namun, strategi tersebut belum mampu mencapai target yang diharapkan, yaitu 3.000 pasien dan penjualan 5.000 produk per tahun. Selain itu, klinik belum memanfaatkan video sebagai media promosi yang efektif untuk menyampaikan informasi secara menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih kreatif serta menghasilkan video promosi dengan konsep yang menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat luas. Penelitian ini menghasilkan video promosi yang ditayangkan melalui YouTube, Instagram, dan TikTok, dengan isi berupa profil klinik, paket perawatan, produk, layanan, fasilitas, serta keunggulannya. Metode penelitian mencakup observasi, wawancara, studi pustaka, analisis MDLC (Multimedia Development Lifecycle), dan perancangan media menggunakan Adobe Premiere CC 2019 dan Adobe Photoshop CC 2019. Tahapan produksi meliputi preproduction, production dan post production Melalui video promosi ini, diharapkan klinik dapat lebih profesional dalam memperkenalkan layanan serta meningkatkan minat masyarakat terhadap perawatan dan penjualan produk setiap tahunnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Supriati, R., Hidayat, A., ., S., & Widada, S. (2025). Strategi Promosi Klinik Kecantikan Emyel Aesthetic Melalui Media Video dengan Pendekatan MDLC. MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, 6(2), 200-214. https://doi.org/10.33050/mavib.v6i2.3737
Section
Articles
Author Biographies

Ruli Supriati, Universitas Raharja

Ketua Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

Aang Hidayat, Universitas Raharja

Alumni Mahasiswa MAVIB, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

Safinatunnaziyah ., Universitas Raharja

Mahasiswi MAVIB, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

Sugeng Widada, Universitas Raharja

Dosen Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Raharja

References

[1] Arief, Syarifuddin, “Pengaruh Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT. Darma Sukses Motor Majene”. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis. vol. 1, no. 1: 47. 2022.
[2] M. H. P. Mardian, Desy Misnawati, and Muhammad Renaldi, “Efektivitas Sosial Media Sebagai Media Promosi Desa Surabaya Timur”, SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 1, no. 1, pp. 86–90, Mar. 2022.
[3] Rahmat Inggi, “Perancangan Aplikasi Multimedia Obyek Wisata Sulawesi Tenggara”, simkom, vol. 5, no. 2, pp. 1-8, Jul. 2020.
[4] Dian, Triadi Sya dan Rinanda Purba, “Pembuatan Video Promosi Umkm Rendy Handycraft”. Jurnal ABDIMAS Budi Darma. vol. 2, no. 1: 2. 2021.
[5] Ina, Susan Debora. Stefanus D.I. Mau dan Maria Wilda Malo, “Penerapan Aplikasi Pengelolaan Data Siswa SMP Tutim Delo Dengan Menggunakan Metode System Development Life Cycle (SDLC)”. JATI: Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika. vol. 7, No. 5: 3807. 2023.
[6] Junadhi, Agustin, Mardainis, H. Asnal, and M. Jamaris, “Pelatihan Pembuatan Video Event Organizer untuk Bisnis di SMK Negeri 1 Bandar Sei Kijang”, J-PEMAS, vol. 1, no. 2, pp. 29-36, Nov. 2020.
[7] S. Santoso, F. Sudarto, and S. Andyka, “Video Promosi Perawatan Anti Aging di Klinik Kecantikan Leny Skincare Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 2, pp. 183-197, Aug. 2023.
[8] M. ., F. Wardana, and L. Miranda, “Media Company Profile Sebagai Sarana Promosi Pada CV. Sigma Panongan Kabupaten Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 1, pp. 61-74, Feb. 2023.
[9] Damiasih. Arneta Rohma Agustina. Azril Azahari and Dwiyono Rudi Susanto, “A Review of YouTube for Tourism Promotion in Indonesia”. IJISTECH (International Journal of Information System & Technology). vol. 4, no. 2: 615-62. 2021.
[10] A. Martono, N. Harits, and I. Choirunnisa, “Media Video Promosi D’Masiv Pada PT. Masif Satu Misi”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 1, pp. 88-100, Feb. 2023.
[11] R. Supriati, P. Adhi Putra, and M. ., “Video Company Profile Untuk Sarana Promosi Di CV. Liarie Radha Kayana Cikarang Bekasi”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 1, pp. 24-35, Feb. 2023.
[12] L. Sunarya, A. D. Purbayani, dan N. Handayani, “Media Video Promosi Pada Roofpark Cafe & Restaurant Pucak Bogor Jawa Barat”, TMJ, vol. 5, no. 2 Februari, hlm. 220–234, Jan 2021.
[13] I. W. . Sugita and I. G. T. . Pastika, “Bentuk Pertunjukan Wayang Kulit Bali Lakon Bhima Swarga dalam Upacara Pitra Yadnya”, Kamaya, vol. 5, no. 1, pp. 35–49, Jan. 2022.
[14] L. Sunarya, B. Abdurachman, dan P. R. Ningsih, “Video Profile Balai Latihan Kerja Pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang”, TMJ, vol. 5, no. 2 Februari, hlm. 206–219, Jan 2021.
[15] E. Febriyanto, E. Aisyah, and I. Ningsih, “Video Protokol Kesehatan COVID-19 Sebagai Kesiapsiagaan Menghadapi New Normal Pada Kyriad Hotel Airport Jakarta”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 1, no. 2, pp. 178-189, Aug. 2020.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>