Strategi Video Promosi untuk Meningkatkan Pemasaran Pariwisata Villa Saung Benteng Gunung Salak Bogor
Main Article Content
Abstract
Permintaan masyarakat akan penginapan dengan fasilitas lengkap dan kenyamanan tinggi mendorong kebutuhan akan strategi promosi yang efektif, khususnya dalam bentuk media visual. Villa Saung Benteng, yang berlokasi di Taman Nasional Halimun Gunung Salak, Kabupaten Bogor, belum memiliki video promosi untuk menyampaikan keunggulan layanan dan fasilitas yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media promosi berbentuk video guna meningkatkan visibilitas dan daya tarik Villa Saung Benteng kepada calon konsumen. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi lapangan, wawancara, studi pustaka, dan analisis SWOT. Proses produksi video dilakukan menggunakan perangkat lunak Adobe Premiere Pro, Photoshop, dan After Effects. Hasil penelitian berupa video promosi berdurasi ±3 menit yang menampilkan profil, fasilitas, serta atmosfer villa, dirancang untuk dipublikasikan melalui Instagram dan YouTube. Media ini diharapkan dapat meningkatkan minat calon pelanggan, memperluas jangkauan pemasaran, serta mendukung peningkatan okupansi villa.
Downloads
Article Details
References
[2] E. Sholihah, A. Supardi, and I. Hilmi, “TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB”, alurwatulwutsqo, vol. 3, no. 1, pp. 33-42, Jun. 2022.
[3] E. Permatasari, Hanna Luthfiana, Nurul Aulia Pratama, and Hapzi Ali, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN ULANG: PROMOSI, HARGA DAN PRODUK (LITERATURE REVIEW PERILAKU KONSUMEN)”, JIMT, vol. 3, no. 5, pp. 469–478, May 2022.
[4] F. Tea, S. Syarifuddin, and A. Asmi, “PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE WONDERSHARE FILMORA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH”, ak, vol. 11, no. 02, pp. 255-268, Dec. 2022.
[5] K. S. Lestari, R. Pratama Akhpa, and S. Yusuf Hasman, “Profile Sekolah Alam Tangerang Mekar Bakti: Pendidikan Berkelanjutan di Kabupaten Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 5, no. 1, pp. 77-92, Nov. 2023.
[6] J. Alfiani, M. Rasyid Ridha, F. Yunita, and R. Rosliana, “Penerapan Model Pengembangan Luther Dalam Pembuatan Video Promosi Kampus”, jupel, vol. 6, no. 2, pp. 341-350, Jun. 2024.
[7] E. A. S. Mathory and S. Syahna, “DAMPAK VIDEO PROMOSI OBJEK WISATA PADA PENINGKATAN PENGUNJUNG DEWI SRI WATERPARK”, jbest, vol. 4, no. 2, pp. 105–119, Oct. 2022.
[8] Mirzam Arqy Ahmadi, M. Shobahiya, Brahmantya Panji Prakosa, Jihan Nur Hidayah, and Erlisa Sulistianingsih, “STRATEGI PEMASARAN DIGITAL MENGGUNAKAN INFLUENCER MARKETING DALAM PEMBUATAN VIDEO PROMOSI OUTLET OLEH-OLEH”, MUJAHADA, vol. 2, no. 1, pp. 1–17, Jun. 2024.
[9] D. Nuranindya, A. R. Berto, and A. Y. M. Wahyu, “Optimisme saat pandemi: strategi storytelling pada video promosi destinasi pariwisata super prioritas”, Indonesian Journal of Communications Studies, vol. 7, no. 2, pp. 637 - 661, Jul. 2023.
[10] I. C. . Tyas, A. A. R. ahman, and A. . Mutiah, “Pelatihan Keterampilan Berbicara Pada Pembuatan Video Promosi Sekolah untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa-Siswi SMK Safinatul Huda Kabat Banyuwangi”, JH, vol. 4, no. 5, pp. 1122–1130, Oct. 2024.
[11] M. Abdul Baqi, M. ., and M. Fadilla Rosmawati, “Perancangan Video Sebagai Media Promosi Pada Restoran Gubug Makan Mang Engking Citra Raya”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 5, no. 1, pp. 118-128, Feb. 2024.
[12] P. A. Sunarya, A. K. Wardana, and M. Septiani, “Perancangan Video Iklan Pada PT. Tinusia Travelindo (Traveloka)”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 2, no. 1, pp. 103-112, Jan. 2021.
[13] L. Sunarya, S. Ashari, A. Dillah, and D. Rifai, “Media Video Sebagai Sarana Informasi Rumah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Pada Diskominfo Kota Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 5, no. 2, pp. 201-215, Aug. 2024.
[14] R. Supriati, R. Yandri, W. Saputra, and M. Alvitiana, “Perancangan Iklan Layanan Masyarakat ‘Buanglah Sampah Pada Tempatnya’ Karya Mahasiswa Universitas Raharja”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 6, no. 1, pp. 22-33, Feb. 2025.
[15] M. ., F. Wardana, and L. Miranda, “Media Company Profile Sebagai Sarana Promosi Pada CV. Sigma Panongan Kabupaten Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 4, no. 1, pp. 61-74, Feb. 2023.
[16] K. Suci Lestari, R. Mardistira, A. Hidayat, and D. Nurjaman, “Media Video Profile sebagai Sarana Promosi PT. Prakarsa Putra Kabupaten Tangerang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 5, no. 2, pp. 159-173, Jun. 2024.
[17] M. Abdul Baqi, B. Ramadhan, D. Akbar, and M. Budiarto, “Media Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Pada PT. Aserindo Cahaya Gemilang”, MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting, vol. 6, no. 1, pp. 91-106, Jan. 2025.